Neutron Yogyakarta

Bagikan Nasi Bungkus dan Bantuan ke Panti Asuhan

Bagikan Nasi Bungkus dan Bantuan ke Panti Asuhan
TURUN KE JALAN : Bagi Donasi Jogja saat membagikan nasi bungkus kepada pengguna jalan. (Rizky Wahyu / Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Komunitas Bagi Donasi Jogja melakukan kegiatan berbagi takjil berupa nasi bungkus kepada para semua pengguna jalanan umum di sekitaran perempatan Tajem, Sleman, Kamis (30/3). Komunitas Bagi Donasi sendiri adalah kumpulan kecil anak-anak muda yang suka melakukan aksi berbagi di ruang lingkup Jogjakarta. Komunitas ini lahir pada tahun 2020.

Berawal dari salah seorang pendiri, Siti Munawaroh, yang sebelumnya mengikuti komunitas yang bergerak di bidang sosial. Dari pengalaman mengikuti beberapa komunitas sosial tersebut, lantas ia mempunyai ide untuk membentuk komunitas yang serupa dengan salah seorang teman kampusnya. Dan pada akhirnya, lahirlah Komunitas Bagi Donasi Jogja pada awal 2020.

Dikatakan, untuk anggota komunitas Bagi Donasi terbuka untuk siapa saja yang mau ikut. Para anggota tersebut bisa langsung bergabung jika ingin mengikuti beberapa kegiatan yang berlangsung. Caranya, hanya dengan mengirimkan pesan pada Instagram untuk meminta bergabung dalam grup. “Tidak ada paksaan sedikitpun untuk mengikuti tiap kegiatan yang berlangsung,” ujarnya
Siti Munawaroh mengatakan, bahwa sekarang ada dua kegiatan rutin yang dilakukan tiap bulannya. Pertama, melakukan aksi bagi nasi bungkus untuk masyarakat yang membutuhkan. Dan kedua, memberikan bantuan berupa materi dan non-materi ke panti asuhan yang ada di area DIJ.

“Aksi ini biasanya berlangsung pada malam hari dengan sasaran seperti pengamen jalanan, orang-orang homeless, pelaku UMKM, pengemudi ojek online, namun pada saat Ramadan kali ini kita berbaginya sore menjelang buka puasa untuk para pengguna jalan umum,” ungkapnya.

Jumlah nasi yang mereka bagikan selalu berubah-ubah menyesuaikan jumlah tenaga yang bisa ikut bergabung. Dan biasanya mereka juga membagikan info kegiatan tersebut di media sosial mereka. “Kami selalu membagikan informasi sebelum melakukan kegiatan tersebut ke akun media sosial saat mau mulai berbagi kepada masyarakat,” katanya.

Selaku ketua, Siti Munawaroh menambahkan, bahwa kegiatan sosial Bagi Donasi ini bisa terus berjalan dan bisa ada banyak yang turut membantunya. “Bagi Donasi selalu berharap ada banyak orang baik yang bisa ikut berkontribusi agar kegiatan bisa terus berjalan lancar dan penuh keberkahan,” tuturnya.

Tak hanya itu saja, Siti Munawaroh juga menceritakan jika di Ramadan kali ini dari komunitas Bagi Donasi tersebut ada dua program yaitu yang pertama sudah dilakukan sekarang bagi takjil ke masyarakat umum dan yang kedua rencana besok akan buka bersama di panti asuhan. “Minta doa sekaligus dukungan dari semua kalangan agar program kita berjalan dengan lancar,” tegasnya.

Sedangkan, salah satu peserta Bagi Donasi, Muhammad Hakim mengatakan, bahwa ia telah mengikuti kegiatan ini sejak awal dan mengaku sangat senang. “Saya sudah lama bergabung dalam kegiatan ini dan saya sangat bahagia karena bisa ikut membantu orang lain dan bagi saya ini adalah pintu surga bagi saya,” ungkapnya.

Tak hanya itu saja, Muhammad Hakim juga berharap di Ramadan kali ini untuk Bagi Donasi Jogja dapat terus berlangsung dan semakin membuat para masyarakat yang membutuhkan semakin bahagia. “Bagi Donasi ini harus terus berkembang, bermanfaat, dan semakin membuat banyak orang lain yang membutuhkan bahagia,” tambahnya. (cr2/bah/sat)

Lainnya