Neutron Yogyakarta

Periksa Tak Perlu Antre Lama di RS Pratama

Periksa Tak Perlu Antre Lama di RS Pratama
TEPAT WAKTU: Petugas memberikan edukasi layananan aplikasi Mobile JKN pada pasien di RS Pratama.(PEMKOT JOGJA UNTUK RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – Rumah Sakit Pratama terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Kota Jogja. Salah satunya dengan menyediakan petugas khusus untuk menyosialisasikan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Aplikasi ini memudahkan masyarakat memperoleh nomor booking perawatan kesehatan, sehingga memangkas lama antrean ketika di RS.

Wakil Direktur Urusan Non Medis RS Pratama Sulistyo membeberkan keunggulan aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini terkoneksi ke seluruh rumah sakit di Indonesia. “Kalau dulu peserta JKN hanya bisa datang sembari menunggu antrean di fasilitas kesehatan, sekarang mereka bisa memantau pergerakan nomor antrean hanya dari handphone di mana saja. Jadi lebih fleksibel dan tepat waktu,” ujarnya.

Dalam mendukung penerapan Mobile JKN, RS Pratama menyediakan petugas khusus. Mereka bertugas untuk mengedukasi masyarakat terkait manfaat dan penggunaan aplikasi. Harapannya, pasien dapat mengunduh dan mendaftarkan diri untuk mendapatkan nomor pemeriksaan lewat Mobile JKN.

“Kami memberikan edukasi pasien dan keluarga untuk melakukan booking pemeriksaan bulan berikutnya. Tidak hanya fasyankes tingkat satu, Mobile JKN ini juga bisa digunakan untuk fasyankes lanjutan seperti di RS Wirosaban, RS Bethesda, dan rumah sakit di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, aplikasi ini mencakup beberapa poli yang mayoritas melayani lanjut usia (lansia). Antara lain poli penyakit dalam, poli Slsaraf, poli kandungan, dan lain sebagainya.

Salah seorang petugas Mobile JKN di RS Pratama Kota Jogja adalah Purnomo. Dia menyampaikan, fitur Mobile JKN ini antara lain juga dapat melayani konsultasi dokter, antrean farmasi, dan informasi poli kesehatan di rumah sakit.

Dikatakan, masih banyak peserta yang belum dapat mengakses Mobile JKN. Oleh karenanya, pihak rumah sakit menyediakan tempat untuk membantu para peserta mengunduh yang aktivasinya pun dibantu oleh petugas. (fat/laz/sat)

Lainnya