Neutron Yogyakarta

Ubah Motor Konvensional Jadi Motor Listrik

Ubah Motor Konvensional Jadi Motor Listrik
(ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – Semakin banyaknya moda transportasi yang diproduksi secara massal, sebanding dengan jumlah polusi yang makin banyak dihasilkan. Menyikapi hal tersebut, sebuah bengkel motor yang berada di bilangan Caturtunggal, Depok, Sleman ini memiliki inovasi untuk mengubah motor konvensional menjadi sebuah motor listrik yang ramah lingkungan dan ramah polusi.

Adalah Elders Elettrico merupakan sebuah cabang dari bengkel yang cukup besar namanya di kalangan skena motor custom, yakni Elders Garage yang berada di Jakarta. Kini Elders Garage memiliki sejumlah cabang Elders Elettrico yang berada di berbagai kota di Indonesia seperti Jogjakarta, Surabaya, Medan dan Bali.

Teknisi Elders Elettrico Jogja, Alex Osh menyebut bahwa bengkel Elders Elettrico Jogja baru buka kurang lebih selama enam bulan. “Kami baru running kurang lebih Oktober 2022 lalu. Sejauh ini kami mengerjakan pergantian mesin dari konvensional dengan baterai sehingga menjadi kendaraan listrik itu umumnya untuk Vespa lama, namun juga ada custom untuk mobil lama, seperti yang sedang kami kerjakan itu mobil morris,” terang Alex di sela-sela pekerjaannya, Jumat (31/3).

Elders Elettrico Jogja sendiri dijalankan sejauh ini oleh tiga orang, dengan komposisi Muslim Rizana sebagai owner, dan dua orang yang bekerja sebagai teknisi yakni Alex Osh dan Marjan. Diakui Alex selain bekerja di Elders Elettrico Jogja dirinya juga memiliki sebuah bengkel motor Vespa yang sudah dijalankannya selama beberapa tahun.

Diketahui, baterai yang digunakan pada motor listrik Elders Elettrico adalah baterai dengan kapasitas 3.000 Watt. “Jadi memang secara kapasitas baterai kami lebih besar dari motor listrik pada umumnya, umumnya motor listrik itu baterai nya 800 sampai 1500 watt. Tapi kami sengaja pasang dengan watt yang lebih besar agar performa yang ditunjukkan juga makin solid,” tandas Alex.

Proses pengerjaan motor konvensional menjadi motor listrik sendiri diakui Alex membutuhkan waktu kurang lebih 3 hari sampai 1 minggu. Hal tersebut terhitung sejak penurunan dan pembongkaran mesin hingga pemasangan baterai (cr1/bah/sat)

Lainnya

Exit mobile version