Neutron Yogyakarta

92 Orang Ikut Uji Keterampilan

92 Orang Ikut Uji Keterampilan
ANTUSIAS: Siswa tingkat sekolah dasar saat mengikuti seleski ujian bidang non-akademik untuk PPDB jalur mandiri di MTs N 3 Sleman.(RIZKY WAHYU/RADAR JOGJA )

RADAR MAGELANG – Sebanyak 92 siswa tingkat sekolah dasar mengikuti ujian keterampilan jalur prestasi non-akademik. Sebagai syarat untuk memenuhi pendaftaran peserta didik baru (PPDB) jalur prestasi di Mts N 3 Sleman.

Seluruh peserta, berasal dari Kapanewon Ngemplak, Kalasan, Cangkringan, Ngaglik, dan Depok. Mereka mengikuti ujian non-akademik di bidang pidato, seni, dan olahraga. Hal ini dilakukan agar sekolah menerima siswa yang berprestasi di bidang non akademik. “Jalur ini dilaksanakan untuk mendapatkan potensi siswa yang berprestasi di bidangnya. Sehingga madrasah ini dapat berkembang lebih jauh. Bakat dan keterampilan siswa disalurkan dan diasah secara optimal,” beber Kepala MTsN 3 Sleman Suwardi.

Menurutnya, pendidikan memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sehingga melalui pendidikan, peserta didik diharapkan memiliki kecerdasan, keterampilan, dan sikap hidup yang baik. Agar dapat bergaul dengan baik di lingkungannya.

“Dalam hal ini, anak diciptakan berbeda untuk sesuatu yang lebih besar lagi dalam kehidupan ini. Sehingga prestasi siswa tidak hanya terdiri dari keberhasilan akademik,” tegasnya.

Sementara itu, ketua panitia PPDB MTs N 3 Sleman Rini Dwi Kusumowati mengatakan, seleksi PPDB untuk jalur prestasi non-akademik ini dilakukan melalui sistem wawancara. Mereka juga menunujukkan keterampilannya agar panitia mengetahui kemampuan anak.

Peserta uji keterampilan Zaki mengaku senang dan optimistis mengikuti uji keterampilan tersebut. Dia berharap keinginannya untuk bersekolah di MTs N 3 Sleman akan terwujud. “Semoga saya diterima di sini. Sehingga nantinya saya bisa mengembangkan prestasi saya di kemudian hari,” tegasnya. (cr2/eno/sat)

Lainnya

Exit mobile version