Neutron Yogyakarta

Jelang Lebaran, Rutan Wates Razia Kamar

Jelang Lebaran, Rutan Wates Razia Kamar
GELEDAH: Rutan, TNI/Polri melakukan razia atau penggeledahan kamar di Rutan Kelas IIB Wates untuk memastikan kondusifitas rutan menjelang lebaran 2023, kemarin.(DOK RUTAN)

RADAR MAGELANG – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates melakukan razia kamar menjelang Lebaran 2023, kemarin (18/4). Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh rutan dan lapas di Jogjakarta.
Razia kamar dilakukan menindaklanjuti Surat Sekretaris Jenderal Pemasyarakatan Nomor: PAS-482.PK.08.05 Tahun 2023 tentang Peningkatan Kewaspadaan Selama Kegiatan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H.

Razia atau operasi gabungan ini menggandeng TNI/POLRI serta Tim Satops Patnal Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DIJ. “Siang ini lapas dan rutan di DIJ razia kamar, termasuk Rutan Wates,” uca Kepala Rutan Kelas IIB Wates Erik Murdiyanto usai memimpin razia.

Dijelaskan, kegiatan dimulai pukul 13.00 dan menyasar seluruh Wisma Hunian Warga Binaan Rutan Wates. Razia atau penggeledahan untuk memastikan keamanan dan ketertiban di Lapas dan Rutan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2023.”Ini juga upaya mempertahankan predikat UPT Pemasyarakatan di DIJ dengan tagline Bersih Dari Narkoba HP dan Pirantinya (Bersinar Hatinya),” jelasnya.

Ditegaskan, tidak ada hal-hal yang mencurigakan yang ditemukan dan diamankan dalam razia kali ini, tidak ada ditemukan Handphone, Narkoba dan Pirantinya. “Kami juga mengucapkan terimakasih kepada TNI/Polri yang telah bersinergi dengan Rutan Wates,” tegasnya.

Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Wates Didik Wahyu Hidayat menambahkan, Rutan Kelas IIB Wates saat ini dihuni sebanyak 78 Warga Binaan dengan rincian 42 orang tahanan dan 36 orang narapidana.
Dan benar, dalam penggeledahan kali ini tidak ditemukan barang terlarang yang tidak diperbolehkan, secara keseluruhan Rutan Wates aman dan kondusif bahkan setiap menyambut Idul Fitri setiap tahunnya. “Tadi tidak ditemukan barang larangan HP atau narkoba. Pengamanan disini juga berjalan sangat baik dan dipastikan bebas dari handphone, narkoba dan pirantinya,” ucapnya.

Menurutnya, pencapaian ini tidak terlepas dari kewaspadaan serta kesiapan seluruh jajaran Rutan Wates dalam melaksanakan rangkaian kegiatan deteksi dini, intelijen dan kegiatan pengamanan lainnya.”Kami akan terus siaga dan waspada, tidak hanya jelang lebaran, setiap tiga kali dalam seminggu kami rutin melakukan penggeledahan sebagai upaya deteksi dini dan kegiatan intelijen oleh tim Satops Patnal Rutan Wates bersama TNI/Polri dan instansi lain,” ujarnya.(tom/din/sat)

Lainnya

Exit mobile version