Neutron Yogyakarta

Jelang Libur Lebaran, Tim Gabungan Ramp Check Angkutan Wisata

Jelang Libur Lebaran, Tim Gabungan Ramp Check Angkutan Wisata
PASTIKAN: Satlantas dan Dishub Kulonprogo melakukan Ram Check Angkutan Wisata jelang libur Lebaran di Omah Cantrik Nanggulan, kemarin.(HENDRI UTOMO/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – Tim gabungan Satlantas Polres Kulonprogo dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo melaksanakan ramp check angkutan wisata menjelang libur Lebaran 2023. Beberapa titik wisata di antaranya Kebun Teh Nglinggo Samigaluh , PT Junior Trans, dan Omah Cantrik Kapanewon Nanggulan.Hadir langsung Unit Kamsel Satlantas Polres Kulonprogo Ipda M Tauchid didampingi Kepala Perhubungan Kulonprogo Lucius Bowo Pristiyanto serta perwakilan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo (Gandung Prawoto). Hasilnya, ada beberapa temuan kendaraan kurang memenuhi persyaratan keselamatan jalan.

Salah satunya dengan rekomendasi yang diberikan penguji di Pasar Plono dan Kebun Teh Nglinggo, di antaranya minyak rem dan wiper yang perlu diganti. Pengecekan juga dilakukan untuk kondisi ban jangan sampai aus, lampu kendaraan harus menyala, alat keselamatan seperti sabuk pengaman dan roll bar khususnya kendaraan terbuka harus dipasang untuk mendukung keselamatan. “Hasil pengecekan di Junior Trans dan Omah Cantrik, armada yang digunakan untuk menunjang wisata dalam kondisi baik,” ucap Kepala Unit Kamsel Satlantas Polres Kulonprogo Ipda M Tauchid.

Dijelaskan, rump cek penting dilakukan sebagai salah satu bentuk kesiapan pengelola wisata dalam memberikan sarana dan prasarana angkutan wisata yang aman, nyaman, memenuhi standar keselamatan. Hal itu menjadi kunci penting bagi para pengelola dalam melayani pengunjung. Pihaknya mengimbau, para pemilik armada pendukung wisata agara memastikan kondisi kendaraan baik dan layak untuk berkendara. “Dengan begitu wisatawan tidak akan ragu mengaksesnya, dan jika pengemudi ugal-ugalan, silahkan ditegur, walau bagaimanapun keselamatan paling utama,” jelasnya. (tom/din/sat)

Lainnya