Neutron Yogyakarta

Terapkan One Way Jalan Jogja-Wonosari

Terapkan One Way Jalan Jogja-Wonosari

RADAR MAGELANG – Satlantas Polres Gunungkidul telah mengatur strategi untuk mengatur arus lalu lintas libur Lebaran. Salah satunya adalah menerapkan rekayasa arus lalu lintas di Jalan Jogja-Wonosari.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul AKP Antonius Purwanta mengaku terus mensosialisasikan strategi rekayasa lalu lintas tersebut. One way akan diterapkan di simpul kemacetan jalur utama. “Jika terjadi kemacetan sampai di kawasan Kalipentung, Patuk maka kami berlakukan one way. Seluruh kendaraan dari Gunungkidul menggunakan dua lajur, dan kendaraan dari Jogjakarta ditahan di Piyungan, Bantul” kata Purwanta kemarin (18/4).

Dia menjelaskan, arus one way akan diberlakukan maksimal 30 menit atau jika arus lalu lintas sudah terurai maka akan dibuka kembali. Selain itu, juga disiapkan petugas ganjal ban di pintu masuk Gunungkidul, dan jalan menuju pantai Kukup.”Ada dua lokasi yang disiapkan untuk tim ganjal ban di Patuk, dan kawasan pantai. Hal ini untuk mengantisipasi kemacetan. Apalagi diperkirakan ada peningkatan pemudik,” terangnya.

Untuk Operasi Ketupat Progo 2023, Kabupaten Gunungkidul telah mempersiapkan sebanyak 496 personel gabungan. Mereka ditempatkan di pos pengamanan mulai dari 18 April sampai dengan 1 Mei.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan, arus lalu lintas terpantau meningkat sejak Sabtu (15/4). Peningkatan volume kendaraan mencapai 20 persen dibanding saat biasa. “Kemungkinan bisa meningkat lagi antara 30 sampai 40 persen mendekati Lebaran,” kata Rakhmadian.

Sebelumnya, sejumlah perusahaan otobus (PO) di wilayah Gunungkidul dilakukan pengecekan kendaraan atau ramcek. Kegiatan ramcek sebagai persiapan menyambut mudik Idul Fitri 1444 H.

“Hasil pengecekan secara umum kendaraan siap beroperasi. Pihaknya berharap pengelola PO rutin melakukan pengecekan kendaraan,” ujarnya.

Kapolres Gunungkidul AKBP Edy Bagus Sumantri mengaku tengah menerjunkan tim urai arus lalu lintas. Petugas berjaga di fasilitas umum, mulai kantong parkir hingga kesiapan tim Saber Pungli.”Tim urai, ditempatkan di sepanjang jalur Nasional mulai dari Patuk hingga perbatasan Wonogiri Jawa Tengah,” kata Edy Bagus Sumantri.

Sementara 10 titik Pos Pam maupun Sub Pos Pam di kawasan wisata selatan Gunungkidul. Hargodumilah patuk, Siyono Playen, Terminal Selang, Pasar Semin, Rest area Girisubo untuk jalur lalu lintas nasional. Sedangkan antisipasi Kawasan wisata ada di Simpang Tiga Trowono, Pantai Baron, dan Pantai Indrayanti. (gun/din/sat)

Lainnya

Exit mobile version