Neutron Yogyakarta

Pansela Sumbang 540 Ton Sampah Per Hari

Pansela Sumbang 540 Ton Sampah Per Hari

RADAR MAGELANG – Dinas Lingkungan Hidup Bantul mencatat peningkatan produksi sampah sebanyak tiga kali lipat dibandingkan hari-hari biasa selama libur Lebaran. Diketahui, kawasan wisata pantai selatan (pansela) merupakan penyumbang sampah terbanyak selama Idul Fitri 1444 Hijriah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bantul Ari Budi Nugroho mengatakan, meningkatnya produksi sampah selama musim liburan memang menjadi hal biasa. Sebab dengan banyaknya wisatawan yang datang ke Bantul tentu akan terjadi pula peningkatan sampah yang dibuang.

Pada libur Lebaran tahun ini, Ari menyebut, pihaknya mencatat ada peningkatan produksi sampah hampir tiga kali lipat perhari dibandingkan dengan hari-hari biasa. Diketahui, dalam sehari kabupaten Bantul menghasilkan sebanyak 180 ton sampah. Artinya, jika meningkat tiga kali lipat saat libur lebaran meningkat, jumlah sampah di Bantul mencapai 540 ton per hari. “Produksi atau timbulan sampah ada di pansela, peningkatannya tiga kali lipat dibandingkan hari-hari biasa,” ujar Ari saat dikonfirmasi, kemarin (28/4).

Ari menyebut, tingginya mobilitas masyarakat yang masuk ke Bantul memang menjadi salah satu penyebab produksi sampah meningkat. Karena itu, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan untuk mengahadapi libur lebaran beberapa waktu lalu.

Dalam menghadapi lebaran pihaknya telah menyiagakan sebanyak 150 petugas kebersihan. Kemudian untuk truk pengangkut sampah diketahui ada sebanyak 36 armada yang ditugaskan selama masa liburan itu. “Mengahadapi libur lebaran kami sudah optimalkan berbagai hal. Termasuk petugas, armada, dan mengatur jadwal piket,” terang Ari.

Sementara itu, Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul Markus Purnomo Adi menyampaikan, selama libur lebaran dari tanggal 21 sampai 27 April 2023 pihaknya mencatat ada 164.897 wisatawan yang masuk ke Bantul. Kunjungan terbanyak ada di kawasan pansela dengan destinasi favorit Pantai Parangtritis. “Untuk perolehan pendapatan asli daerah (PAD) selama libur lebaran kami catat Rp. 1,57 miliar,” beber Ipung sapaan akrabnya. (inu/bah/sat)

Lainnya

Exit mobile version