Neutron Yogyakarta

Dinpar Bantul Optimistis Target PAD Libur Lebaran Tercapai

Dinpar Bantul Optimistis Target PAD Libur Lebaran Tercapai
PRIMADONA: Pantai Parangtritis yang ramai dikunjungi wisatawan beberapa waktu lalu. Dinas Pariwisata Bantul mencatat, hampir 80 persen wisatawan yang datang ke Bantul memilih berwisata ke kawasan pantai selatan.(ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA )

RADAR MAGELANG – Dinas Pariwisata Bantul optimistis target kunjungan selama libur Lebaran sebanyak 200 ribu wisatawan bisa tercapai. Hal ini berdasarkan tingginya kunjungan selama akhir pekan dan libur di awal Mei.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Wisata Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo mengatakan, selama 21-29 April ini sudah ada 230.524 wisatawan yang berkunjung. Artinya, dinas pariwisata telah mendapatkan pendapatas asli daerah (PAD) sebesar Rp 2,1 miliar selama libur Lebaran.
Lanjut Ipung, sapaan akrab Markus, dengan sisa libur dua hari hingga Senin (1/5), raihan PAD bahkan disebut akan melampaui target. Sebab di akhir pekan, dinasnya bisa mencatat kunjungan sampai 20 ribu wisatawan.

“Dengan sisa libur dua hari (Minggu dan Senin), kami perkirakan ada tambahan sekitar 40 ribu wisatawan. Sehingga target kunjungan sebanyak 200 ribu wisatawan bisa tercapai, bahkan terlampaui,” ujar Ipung kemarin (30/4).

Dia membeberkan, sampai saat ini kawasan pantai selatan masih menjadi primadona. Bahkan dari hasil pendataan dinas pariwisata, hampir 80 persen wisatawan yang datang ke Bantul memilih berwisata ke kawasan pantai selatan. Salah satu yang paling banyak dikunjungi adalah Pantai Parangtritis.

Menurut Ipung, jumlah kunjungan selama libur Lebaran tahun ini tergolong tinggi. Karena meski tidak ada atraksi wisata yang digelar oleh dinas, nyatanya tidak menurunkan minat wisatawan untuk tetap datang ke Bantul.
“Karena keterbatasan anggaran, kami memang tidak membuat atraksi wisata selama libur Lebaran 2023 ini,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo menyampaikan, target pendapatan dari sektor pariwisata selama libur Lebaran sebesar Rp 2,5 miliar sampai Rp 3 miliar. Atau dengan jumlah kunjungan sebanyak 200 ribu sampai 300 ribu wisatawan. “Target ini kami hitung selama sepuluh hari cuti bersama Lebaran. Yakni dari 21 April sampai dengan 1 Mei,” katanya. (inu/eno/sat)

Lainnya

Exit mobile version