Neutron Yogyakarta

Motivasi Bakat, Minat, dan Prestasi Siswa

Motivasi Bakat, Minat, dan Prestasi Siswa
KOMPETISI - Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul saat menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten jenjang SD

RADAR MAGELANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul menggelar Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten jenjang SD. Kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi bakat minat dan prestasi siswa bidang sains dan mampu berkompetisi dari tingkat daerah menuju nasional, dan internasional.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Gunungkidul Nunuk Setyowati mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi bakat minat dan prestasi siswa bidang sains dan mampu berkompetisi dari tingkat daerah menuju nasional, dan internasional. ’’Diharapkan dapat mendorong prestasi dan minat siswa dalam bidang sains dan berimbas pada peningkatkan mutu pendidikan dalam bidang sains serta pengetahuan sosial,’’ kata Nunuk Setyowati akhir pekan lalu.

Dia menjelaskan, OSN yang berlangsung beberapa waktu lalu diikuti oleh 200 siswa. Masing-masing 100 anak untuk tiap mata pelajaran Matematika dan IPA.
Peserta adalah siswa kelas 4 dan 5 dari 18 kapanewon dan merupakan peraih skor tertinggi pada seleksi OSN yang diselenggarakan beberapa waktu sebelumnya.

Sementara itu, Sekretaris Disdik Taufiq Aminudin menyampaikan, kegiatan OSN tingkat kabupaten ini merupakan salah satu sarana dan upaya peningkatan mutu pendidikan sekaligus untuk menuntaskan wajar dikdas yang bermutu. Di samping itu, menjadi ajang mencari bibit-bibit siswa berprestasi dalam bidang sains dan pengetahuan sosial. ’’Kegiatan ini nantinya dapat menyeleksi siswa terbaik tingkat kabupaten untuk diikutsertakan pada perlombaan tingkat provinsi di jenjang SD dan SMP,’’ kata Taufiq. (gun/bah)

Lainnya