Neutron Yogyakarta

Toko Self Service tanpa Penjaga

Toko Self Service tanpa Penjaga
ANDALKAN KEJUJURAN: Pengunjung saat berada di Sean Store akan leluasa memilih dan membeli barang tanpa diawasi penjaga. Sebab toko ini menerapkan sistem self service dan mengandalkan kejujuran pelanggan. (FAHMI FAHRIZA/RADAR JOGJA )

RADAR MAGELANG – Toko yang menjual pakaian dan aksesoris di kawasan Prawirotaman menerapkan sistem self service. Pengunjung akan bebas memilih barang dan melakukan transaksi tanpa adanya penjaga toko.

“Sistem transaksinya mengandalkan kejujuran mereka,” ucap Lina Pamungkas, pemilik Sean Store Minggu (30/4).

Di dalam toko, sudah ada papan petunjuk penjelasan alur transaksi dan juga QRIS dalam bertransaksi. Jika pelanggan ingin melakukan pembayaran secara tunai, uang bisa dititipkan di kasir bawah. “Karena kan toko kita ini satu atap dengan bar,” beber Ariska Arlinda, yang juga pendiri Sean Store.

Selama beroperasi sejak Juni tahun lalu, belum ada barang hilang. Setiap harinya, toko ini beroperasi mulai pukul 09.00-00.00. Harga barang yang ditawarkan mulai Rp 10 ribu hingga Rp 600 ribu.

Tidak hanya menjual produk brand milik Lina dan Ariska, Sean Store juga menerima titipan produk dari berbagai UMKM yang ada di Jogjakarta. Produk-produk yang dititipkan antara lain adalah tas, kerajinan keramik seperti gelas, patung, hingga home decor. “Marketnya lebih global karena Prawirotaman sendiri banyak diisi oleh turis, walaupun pembeli lokal juga banyak,” tambah Lina. (cr1/eno/sat)

Lainnya

Exit mobile version