Neutron Yogyakarta

Kontingen Sleman Rajai Kejurda Atletik 2023

Kontingen Sleman Rajai Kejurda Atletik 2023
ADU CEPAT: Bayu Saputra (depan) atlet asal Gunungkidul, diikuti Adnan Ghifari (Sleman) di nomor jalan cepat putra 5.000m pada Kejurda Atletik DIJ, Sabtu (27/5).(Aji Cahyono/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Kontingen Kabupaten Sleman sukses merebut juara umum Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik di Stadion Mandala Krida, Sabtu (27/5). Kontingen Sleman meraih 15 emas, 12 perak, dan 9 perunggu. Hasil dari kejurda ini sekaligus menseleksi atlet yang akan dikirim untuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Juni mendatang.

Posisi kedua ditempati Kabupaten Bantul dengan perolehan medali 6 emas, 7 perak, dan 3 perunggu. Posisi ketiga Kota Jogja dengan perolehan medali 5 emas, 6 perak dan 6 perunggu. Posisi keempat Gunungkidul dengan koleksi 4 emas. Sedangkan Kulonprogo di posisi kelima dengan 1 perak dan 2 perunggu.

Ketua Pengda PASI DIJ Bambang Dewanjaya mengatakan, para atlet hasil dari kejurda tersebut akan yang direkomendasikan untuk mengikuti Kejurnas di Solo. Sejumlah 30 atlet dan 8 kontingen dari semua nomor yang dipertandingkan. Sedangkan target yang diharapkan oleh KONI DIJ, untuk PON 2024 Aceh- Sumut mengalami peningkatan. “Sekurang-kurangnya dua emas dari cabor atletik,’’ ujar Bambang.

Bambag mengakui, target yang dibebankan oleh KONI, tergolong berat. Meskipun demikian, target tersebut menjadi pemacu agar atlet cabor atletik untuk semangat.Karena diharapkan dari cabor atletik diupayakan untuk mengirimkan waklinya sebanyak-banyaknya.

Ketua Umum KONI DIJ, Djoko Pekik Irianto mengatakan, kejurda ini sebagai tahapan agar atlet dari berbagai nomor yang di persiapkan untuk Kejurnas di Solo. Harapannya akan lolos pada Babak Kualifikasi PON, atlet lebih banyak lagi. Target PON untuk cabor atletik, lebih baik daripada sebelumnya di Papua. “Untuk cabor atletik, DIJ mendapatkan 1 emas dan 2 perak,” ujarnya.(cr4/din/sat)

Lainnya