Neutron Yogyakarta

Wukirsari Masuk Jadi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Wukirsari Masuk Jadi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023
TERBAIK: Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Wukirsari, Imogiri, Bantul kemarin (28/5). Wukirsari ditetapkan sebagai salah satu desa wisata terbaik dari 75 desa wisata peserta ADWI 2023.(DOKUMENTASI HUMAS PEMKAB BANTUL)

RADAR MAGELANG – Kalurahan Wukirsari, Imogiri masuk sebagai salah satu desa wisata terbaik. Dari 75 desa wisata di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno mengatakan, ADWI merupakan salah satu program untuk menggerakan kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia. Melalui program tersebut, dia berharap mampu mewujudkan visi Indonesia. Sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat.

Sandiaga melanjutkan, kepesertaan desa di Indonesia dalam ADWI tahun ini tergolong cukup tinggi karena menyentuh 4.573 desa wisata. Kemudian dari ribuan desa wisata tersebut mengerucut menjadi 75 desa wisata terbaik. Salah satunya adalah Kalurahan Wukirsari.

“Desa Wisata Wukirsari ini paket komplet yang bisa kita kembangkan, karena ada keindahan alamnya, juga ada kekayaan budaya, produk ekonomi kreatif, dan dukungan pemerintah daerah,” beber Sandiaga di sela kunjungannya di Desa Wisata Wukirsari kemarin (28/5).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih menyebut, Kalurahan Wukirsari memang memiliki potensi. Bahkan sejak ratusan tahun yang lalu, batik tulis dan wayang merupakan warisan budaya dari Bantul dan telah ditetapkan oleh UNESCO.

Halim menambahkan, selain kerajinan yang menjadi daya tarik utama, tata letak geografis Wukirsari juga sangat beragam. Karena wilayah tersebut memiliki perbukitan, sungai, hutan, dan lahan pertanian. Sehingga membuat membuat desa ini sangat asri.

“Di sini juga terdapat makam Raja-Raja dan makam Sunan Giriloyo yang juga menjadi destinasi para wisatawan. Sehingga pantaslah Wukirsasi masuk dalam Anugerah Desa Wisata,” ungkap Halim. (inu/eno/sat)

Lainnya

Exit mobile version