Neutron Yogyakarta

Libur Panjang, Penumpang di YIA Tembus 13.000 Orang per Hari

Libur Panjang, Penumpang di YIA Tembus 13.000 Orang per Hari
NAIK: Penumpang pesawat saat tiba dan melintas di area kedatangan YIA di Temon, Kulonprogo kemarin (1/6).(HENDRI UTOMO/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – PT Angkasa Pura I selaku pengelola Yogyakarta International Airport (YIA) Temon Kulonprogo mencatat kenaikan jumlah penumpang saat libur panjang kali ini. Jika dalam kondisi normal rata-rata 11.000 orang, saat long weekend meningkat hingga 13.000 orang penumpang per hari.

“Diperkirakan akan terus meningkat hingga Minggu (4/6) mendatang,” ucap Pelaksana Tugas Sementara (PTS) GM Bandara YIA Bambang Triyono kemarin (1/6).

Dijelaskan, saat libur Lebaran lalu, jumlah penumpang mampu menembus angka 18.000 orang per hari. Kemudian sempat turun di kisaran 11.000-an. “Nah sekarang libur Hari Pancasila dan Waisak terangkai cuti bersama banyak orang yang datang ke Jogjakarta,” jelasnya.

Kendati demikian, kedatangan ataupun keberangkatan penumpang relatif dinamis, tidak sporadis bertumpuk pada satu waktu. Penerbangan pagi, siang dan sore rata, kondisi ini membuat pelayanan kepada penumpang lebih mudah dan optimal.
“Lonjakan penumpang hingga 18.000 orang saat Lebaran lalu cukup menjadi pengalaman kami dalam memberikan pelayanan, kenyamanan kepada penumpang, ruang tunggu kami juga luas,” ujarnya.

Ditambahkan, puncak libur panjang kali ini diperkirakan akan terjadi pada Minggu (4/6). Jumlah penumpang diperkirakan bisa tembus di angka 14.000-15.000 orang per hari. “Kebetulan cuaca saat ini juga sangat mendukung penerbangan. PT KAI juga cepat melakukan penyesuaian, perjalanan kereta ditambah untuk mengakomodir penumpang malam hari,” katanya.

Disinggung penambahan rute, Bambang menyebut rute yang mengalami peningkatan penumpang masih sama dengan libur Lebaran lalu. Dominasi rute Jakarta-YIA, disusul Balikpapan, Ujung Pandang, Banjarmasin, dan Makassar. “Masih mirip dengan Lebaran kemarin, rute dominan masih Jakarta, extra flight belum,” ucapnya.

Salah satu penumpang, Alisa Rumantir, warga Makassar mengungkapkan, sengaja mengisi long weekend kali ini ke Jogja. Dia pun mengajak beberapa teman dan kebetulan memang ada saudara yang tinggal di Jogjakarta. “Lumayan lama ini liburnya. Saya manfaatkan untuk refreshing, penerbangan aman lancar dan harga tiket juga standar,” ungkapnya. (tom/din/sat)

Lainnya