Neutron Yogyakarta

Manfaatkan Selokan, SDN 2 Wijirejo Launching Mina Perwira

Manfaatkan Selokan, SDN 2 Wijirejo Launching Mina Perwira
SD Negeri 2 Wijirejo saat melaunching Mina Perwira pada Rabu (31/5). Sekolah tersebut memanfaatkan selokan untuk budidaya ikan.(DOKUMENTASI HUMAS PEMKAB BANTUL)

RADAR MAGELANG – SD Negeri 2 Wijirejo, Pandak, Bantul mengembangkan budidaya ikan dengan memanfaatkan aliran selokan yang ada di sekitar sekolah. Program tersebut diberi nama Mina Perwira dan telah resmi dilaunching oleh pihak sekolah pada Rabu (1/6) lalu.

Kepala SD Negeri 2 Wijirejo Sadar Slamet mengatakan, optimalisasi pemanfaatan aliran sungai dan selokan merupakan latar belakang penyelenggaraan program tersebut. Menurutnya, sungai merupakan salah satu sumber daya yang potensial. Namun justru sering disalahgunakan oleh masyarakat sebagai tempat pembuangan sampah.

“Kami me-launching Mina Perwira ini untuk pemanfaatan selokan yang lebih optimal dengan berwawasan lingkungan,” ujar Sadar disela launching Mina Perwira.

Ia menambahkan, bahwa saat ini sekolah yang dipimpinnya juga turut berusaha mewujudkan Bantul Bersih Sampah 2025. Upaya yang dilakukan SD Negeri 2 Wijirejo adalah dengan mendaur ulang sampah dan barang barang bekas menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Sadar menyebut, perwujudan program itu dengan mengajarkan para siswanya untuk menggunakan sampah plastik bekas menjadi pot tanaman. Menurutnya hal tersebut juga termasuk dalam proyek penguatan pelajar pancasila. “Proyek ini (pelajar pancasila) memberi kesempatan pada siswa untuk belajar lebih fleksibel,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul mengaku, sangat apresiasi jajaran dan para siswa SD Negeri 2 Wijirejo yang telah menyelenggarakan program tersebut. Ia menilai Mina perwira merupakan implementasi proyek penguatan pelajar pancasila dan kurikulum merdeka belajar.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini anak-anak tumbuh potensinya, bakatnya, leadership-nya, serta rasa cinta dengan lingkungan. Sehingga ini semua akan menjadi bekal untuk masa depan anak-anak,” ucap mantan Kepala SMAN 2 Bantul ini. (inu/bah/sat)

Lainnya

Exit mobile version