Neutron Yogyakarta

Merti Wayang Beber Dalami Makna Pancasila

Merti Wayang Beber Dalami Makna Pancasila

RADAR MAGELANG – Bertepatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni, Museum Wayang Beber Sekartaji menggelar Merti Wayang Beber, Kamis (1/6). Kegiatan ini juga dimeriahkan Kirab Garuda yang diikuti warga menyusuri sepanjang jalan Dusun Kanutan, Sumbermulya, Bambanglipuro, Bantul.

Pendiri Museum Sekartaji Indra Suroinggeno mengatakan, tujuannya menyelami nilai-nilai yang terkandung di Pancasila. Selain itu juga menumbuhkan rasa persaudaraan dan kebersamaan. Walaupun berbeda-beda, tetapi tetap satu dalam nuansa gotong royong. Semangat kebersamaan masyarakat terbukti dengan peserta dari luar desa juga ikut mengekspresikan diri.”Kehidupan di desa ini toleransinya luar biasa,” katanya.

Museum Sekartaji memiliki karya masterpiece yaitu Wayang Beber Pancasila. Wayang Beber Pancasila menceritakan tentang Sutasoma seorang pangeran yang tumbuh dari kecil belajar toleransi yang akhirnya mendapatkan arti hidup. “Di sini terdapat lima frame, lima sila yang menceritakan tentang kisah-kisah pendewasaan Sutasoma dalam perjalanan kehidupan untuk menyebarkan toleransi seperti itu,” ungkapnya.

Kepala Dusun Kanutan Immanuel Wahyu Wijanarko menyebut, kegiatan ini merupakan awal dari sebuah rasa nasionalisme warganya. Sekaligus agar warganya tetap memupuk persatuan. (cr3/din/sat)

Lainnya

Exit mobile version