Neutron Yogyakarta

Pengunjung Masih Bisa Melihat Penerbangan Lampion

Pengunjung Masih Bisa Melihat Penerbangan Lampion
RAMAI: Meski terdapat perayaan Tri Suci Waisak, Candi Borobudur tetap dibuka untuk umum.(Naila Nihayah/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko akan melakukan penyesuaian kunjungan bagi wisatawan Candi Borobudur saat perayaan Tri Suci Waisak 2566 BE. Pada Minggu (4/6) atau saat detik-detik Waisak, pengunjung tidak bisa naik ke struktur dan pelataran candi atau zona 1.

Direktur Utama PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Febrina Intan menuturkan, seluruh kunjungan wisatawan hanya sampai di zona II atau sekitar Taman Lumbini saja. Kunjungan wisatawan tersebut dilakukan mulai pukul 06.30-14.00.

Kendati demikian, pengunjung masih bisa menyaksikan prosesi Waisak. Namun dengan sejumlah pembatasan. “Untuk persiapan pelepasan lampion di Minggu malam dan menjaga kekhusyukan saat ibadah Waisak,” ujarnya, Jumat (2/6).

General Manajer TWC Unit Borobudur Jamaludin Mawardi menambahkan, pihaknya menyiapkan dua pintu masuk bagi pengunjung yang mengikuti prosesi lampion. Semuanya masuk melalui pintu utama atau main gate dan akan dibagi dua bagian.

Dia menjelaskan, khusus bagi wisatawan yang akan menerbangkan lampion, bisa lewat melalui pintu masuk wisatawan asing. “Sedangkan yang pengunjung yang hanya menonton akan dilewatkan melalui pintu masuk wisatawan nusantara,” kata Jamal. (aya/bah/sat)

Lainnya