Neutron Yogyakarta

1.1142 Warga Kota Jogja Terima Bantuan Pangan Beras

1.1142 Warga Kota Jogja Terima Bantuan Pangan Beras

RADAR MAGELANG – Sebanyak 1.142 kepala keluarga di Kemantren Danurejan Kota Jogja menerima bantuan pangan berupa beras dari pemerintah pusat. Jumlahnya 20 kilogram karena digabung dari April dan Mei 2023. Sedangkan 10 kilogram sebelumnya sudah diberikan sebelum Ramadan. “Iya beras dari pemerintah. Distribusi Bulog DIJ, kami sediakan tempat,” ujar Camat Danurejan Bambang Endro Wibowo Rabu (7/6).

Penerima bantuan di Kemantren Danurejan terdiri dari 320 keluarga di Kalurahan Bausasran, 256 keluarga di Kalurahan Suryatmajan dan 560 keluarga di Kalurahan Tegal Panggung. Data penerima bantuan dari pemerintah pusat melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). “Kalau ada warga yang meninggal atau pindah masuk terdata maka kami tugas melaporkan dan mengganti. Yang masuk DTKS,” jelasnya.

Bambang berharap bantuan pangan beras dapat bermanfaat dan tepat sasaran. Terlebih sudah masuk musim kemarau yang berpotensi kenaikan bahan pangan karena diprediksi banyak yang gagal panen. Dia menyebut bantuan beras pertama sudah diberikan sebelum lebaran.

“Bantuan beras memang dibutuhkan masyarakat yang masuk DTKS. Apalagi kemarau kalau gagal panen harga melambung. Produksi musim kemarau berkurang,” jelasnya.

Sementara itu, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kemantren Danurejan, Adik al Fajar mengatakan bantuan beras dari pemerintah di Kota Jogja diberikan kepada 14 Kemantren. Distribusi mulai 30 Mei hingga 13 Juni 2023. “Kami distribusi sehari cukup. Ada yang dua hari,” ujarnya.

Distribusi di Kamantren Danurejan tidak ada kendala. Beberapa orang yang terdata tidak hadir karena meninggal dan pindah kota. Kemudian dilaporkan dan diganti dengan warga lain. “Ada yang sudah pindah, kalau masih satu kota masih bisa dicari. Kalau keluar kota ganti lain,” ujarnya.

Sementara itu, Bulog Kanwil DIJ bertugas menyalurkan bantuan pangan alokasi 3 kepada 379.441 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di lima kabupaten dan kota di DIJ.

Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil DIJ Ali Ahmad Najih mengatakan hingga saat ini pihaknya telah menyalurkan sebanyak 7.887 ton dari total target penyaluran 3 alokasi sebesar 11.383 ton beras hingga akhir Juni 2023. “Program bantuan pangan ini adalah program Nasional dan dilaksanakan di seluruh Indonesia dengan total KPM keseluruhan yaitu 21,3 Juta KPM yang tersebar di 38 Provinsi,” jelasnya. (lan/bah/sat)

Lainnya

Exit mobile version