Neutron Yogyakarta

RPH Giwangan Layani Penyembelihan Hewan Kurban

RPH Giwangan Layani Penyembelihan Hewan Kurban
SIAP DIGUNAKAN: Petugas memeriksa kondisi mesin dan peralatan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan, Kota Jogja, Rabu (14/6/23). RPH Giwangan melayani penyembelihan hewan kurban selama tiga hari dengan kapasitas 75 hewan setiap harinya.(GUNTUR AGA TIRTANA/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Giwangan Kota Jogja melayani penyembelihan hewan kurban selama tiga hari pada Hari Raya Idul Adha 1444H. Layanan ini ditujukan bagi masyarakat yang tidak punya tempat penyembeleihan. Kapasitas pemotongan setiap hari 75 ekor.

Sedangkan prosedur pendaftaran langsung ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Jogja. “Layanan ini terbuka bagi masyarakat,’’ ujar Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Suyana, Rabu (14/6/23).

Suyana menyebut sebanyak 214 petugas siap melakukan pemantauan hewan kurban. Petugas disebar ke 480 lokasi penyembelihan sesuai data yang sudah ada dari tahun sebelumnya. Meski begitu tidak menutup kemungkinan adanya perubahan data. “H-1 kami akan terungkap petugas kami untuk ke seluruh tempat penyembelihan hewan kurban,” ujarnya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIJ Tri Saktiyana meminta agar seluruh elemen masyarakat tetap waspada terkait penyakit hewan. Meksipun kondisinya tidak seperti tahun 2022.

Terkait kurban agak istimewa karena tahun lalu dihadapkan penyakit mulut dan kuku. Saat ini PMK reda dan hampir tidak ada. “Namun muncul penyakit baru, LSD. Tetap kita waspadai,” jelasnya. (lan/din/sat).

Lainnya

Exit mobile version