Neutron Yogyakarta

BPJ Menang Berkat Poin di Lima Detik Terakhir

BPJ Menang Berkat Poin di Lima Detik Terakhir
PENENTU KEMENANGAN: Pemain Bima Perkasa Andre Adrianno (dua dari kiri) menembak bola ke arah ring dalam laga IBL 2023 Series 8 Jakarta melawan Tangerang Hawks di Britama Arena, Senin (19/6/23).BIMA PERKASA untuk radar jogja

RADAR MAGELANG – Bima Perkasa Jogja (BPJ) sukses menundukkan Tangerang Hawks dalam Indonesian Basketball League (IBL) 2023 Series 8 Jakarta di Britama Arena, Senin (19/6). Penentuan kemenangan bahkan ditentukan di lima detik terakhir. Bima Perkasa bangkit dan memenangkan pertandingan dengan skor tipis 63-62.

Wakil Jogjakarta itu sempat tertinggal 13 angka, namun berhasil mengubah kedudukan di kuarter keempat. Drama ini berakhir setelah Andre Adrianno mencetak dua angka di sisa waktu lima detik.
Tembakan dua angka Andre ketika waktu di kuarter empat tersisa lima detik menyegel kemenangan ke-18 Bima Perkasa di liga. Dua angka krusial itu dihasilkan lewat skema serangan yang cukup rapi. Di mana taktik pelatih Bima Perkasa, Efri Meldy mengecoh defense para pemain Tangerang Hawks.

Andre Adrianno memang dikenal punya senjata andalan, yaitu pull-up jumper mid-range. Efri Meldy sudah berulang kali percaya bahwa Andre tidak akan meleset saat melakukan tembakan tersebut. Tembakan ini pula yang menyelamatkan Bima Perkasa dari kekalahan. Andre mengubah skor menjadi 63-62 untuk keunggulan Bima Perkasa di detik-detik terakhir.

Tangerang Hawks unggul 62-61 dari Bima Perkasa ketika laga tersisa 16 detik. Bola berada di tangan Cameron Coleman yang melakukan drive ke paint area. Para pemain Tangerang Hawks salah membaca strategi ketika menjaga ketat Cameron Coleman. Padahal Coleman hanya bertugas sebagai pengantar bola. Sementara eksekutornya adalah Andre Adrianno yang sudah menunggu tanpa penjagaan di sisi kanan ring Hawks.

Dengan pull-up jumper yang tenang, Andre memasukkan bola yang menjadi penentu kemenangan di laga ini. “Game plan berjalan terutama di kuarter tiga dan empat. Saya percaya diri bisa memasukkan bola itu dan kami memenangkan pertandingan,” kata Andre Adrianno usai laga.

Sementara rookie Bima Perkasa, Jacob Lobbu, kembali mencuri perhatian. Usai bermain apik melawan Pelita Jaya dengan mencetak 11 angka dan empat asis, point guard bernomor punggung 13 ini bermain dewasa dan membantu tim mengalahkan Tangerang Hawks.

Lobbu Masuk roster sejak awal kuarter menggantikan Samuel Devin yang cedera. Dia membukukan 10 angka, lima assist, dan dua steal selama 33 menit di atas lapangan. Alumnus Indonesia Patriots 2022 itu mampu melewati pressing pemain dan tekanan suporter Tangerang Hawks ketika Bima Perkasa tertinggal 37-24. Lalu membalikkan keadaan hingga memenangi pertandingan. “Tidak mudah melewati situasi seperti tadi, apalagi dengan status rookie. Tetapi Lobbu punya mentalitas yang tinggi,” kata Nuke Tri Saputra, pemain senior Bima Perkasa.

Di papan klasemen sementara, Bima Perkasa berada di urutan keempat dengan 18 kemenangan dari 29 game. Mereka hanya menyisakan satu laga lagi di musim ini. Sementara situasi Hawks cukup rumit setelah kekalahan ini. Mereka punya rekor 12-16 dan menempati peringkat ke-10. Hawks masih punya dua pertandingan di musim ini. (tyo/pra/sat)

Lainnya