Neutron Yogyakarta

Programmer Capcom Ungkap Mod Game itu Harus Diblok, Kenapa?

Programmer Capcom Ungkap Mod Game itu Harus Diblok, Kenapa?
Programmer Capcom Ungkap Mod Game itu Harus Diblok sumber gambar twisted voxel

RADAR MAGELANG – Mod menjadi salah satu hal unik yang sering terjadi dalam komunitas game. Mod adalah perubahan satu atau lebih aspek permainan video, seperti tampilan atau cara berinteraksi yang dibuat oleh pemain permainan video.

Dilansir dari gamebrott, mod – mod tersebut memiliki berbagai macam keunikan, mulai dari penambahan konte, perubahan, perbaikan, dan masih banyak lagi dibuat oleh Modder untuk komunitas gamenya.

Bagi beberapa gamer mod itu adalah sesuatu yang positif, berbeda halnya dengan salah satu Programmer Capcom menanggapi hal ini.

Melalui sebuah video di kanal Youtube resmi Capcom R&D membahas tentang program anti-cheat serta anti-piracy yang dibuat oleh tim developer game Resident Evil dan juga Street Fighter.

Baca Juga: iPhone Sebar Peringatan yang Bikin India Gempar

Taro Yahagi selaku programmer Capcom menjelaskan detail di video mengenai sistem keamanan game mereka, termasuk juga membahas mengenai Mod game yang populer di komunitas gamer.

Dia mengatakan mod game sangat populer diantara para gamer karena mod tersebut membuat mereka bisa menambahkan ataupun mengubah fitur konten yang sudah ada di dalam game.

Sang programmer menambahkan mod game itu seharusnya diblok oleh sistem anti-cheat dan anti-piracy karena cara kerja mod tidak jauh berbeda dengan program cheat.

Yahagi mengatakan semua mod didefinisikan sebagai cheat, kecuali kalau mod itu didukung secara resmi oleh perusahaan.

Dia mengatakan hal ini demi berjalannya fungsi dari program anti-cheat dan anti-piracy.

Semua mod buatan Modder yang tidak didukung secara resmi oleh perusahaan akan sulit dibedakan dengan cheat tools dari segi implementasinya.

Baca Juga: Sheikh Jassim Berencana Membeli Saham West Ham Setelah Gagal Mengambil Alih Manchester United

Yahagi mengakui kalau sebagian besar mod tersebut memberikan dampak positif pada game. Ada juga mod – mod yang dapat melanggar moral (seperti mod nakal).

Yahagi mengatakan kalau kedepannya Capcom akan mencoba meningkatkan sistem keamanan game mereka dalam segi mengubah kostum atau skin terhadap model karakter yang sudah ada.

Bagaimana tanggapan kalian tentang mod dalam sebuah game? Apakah kalian pernah menggunakan mod juga? (Juliana Belence/ RADAR JOGJA)

Lainnya

Exit mobile version