Neutron Yogyakarta

Kreativitas Ivan Gunawan Harumkan Nama Indonesia, Tinggalkan Jejak Karya di Kota Mode Dunia

Kreativitas Ivan Gunawan Harumkan Nama Indonesia, Tinggalkan Jejak Karya di Kota Mode Dunia
HALUS: Igun memberikan sentuhan akhir pada busana yang dikenakan model dalam pergelaran London Fashion Week. (IG:IVAN-GUNAWAN)

RADAR MAGELANG – September barangkali adalah bulan tersibuk Ivan Gunawan tahun ini. Selain rutinitas nge-host dan persiapan Miss Grand International 2023, dia punya gawe besar. Desainer yang akrab disapa Igun itu mengikuti fashion show di tiga ibu kota mode dunia dalam waktu berdekatan. Mulai Paris, New York, hingga London. ”Sibuk deh, pokoknya,” ujar Igun saat ditemui Jawa Pos beberapa waktu lalu.

Pada 2016, Igun pernah mengusung karyanya ke pentas dunia. Tepatnya di Los Angeles Fashion Week. Kala itu dia membawa brand Jajaka. Setelah itu, Igun sibuk di dunia hiburan, bisnis, dan ajang fashion show dalam negeri.

Tahun ini dia kembali berkesempatan unjuk gigi. Langsung di tiga kota sekaligus. Yang pertama adalah Front Row Paris 2023 pada 2 September di The Westin Paris-Vendome, Paris. Ajakan kepada Igun disampaikan langsung oleh Chairman Indonesia Fashion Chamber (IFC) Ali Charisma. Di sana dia memamerkan koleksi Maharani dari brand utamanya, Ivan Gunawan. Ciri khasnya adalah busana couture berupa gaun dan evening wear.

”Aku beruntung karena pihak televisi tempatku kerja memberi aku kesempatan untuk berkarya sebagai desainer,” jelas Igun. Total, dia membutuhkan waktu setengah tahun untuk mempersiapkan koleksi Maharani di tengah jadwalnya yang padat.

Seusai dari Paris, Igun mendapat tawaran untuk ikut New York Fashion Week (NYFW) dari Indonesia Now. Platform yang didirikan Dina Fatimah alias Eski, fashion stylist asal Indonesia di New York, itu juga didukung istri mantan Duta Besar Indonesia untuk AS Rosan Roeslani, Ayu Heni Rosan.

Igun kembali mengusung koleksi Maharani untuk dipamerkan dalam sesi Indonesia Now di NYFW SS 2024 pada 13 September lalu. Dia sengaja membawa Maharani karena ingin kembali memamerkan koleksi dengan tampilan red carpet. Kali ini di New York. Dia berharap para pelaku industri hiburan Hollywood melirik karyanya. ”Aku juga sempat show di Kedutaan Besar Indonesia di Washington DC,” ungkapnya.
Dari AS, Igun kembali terbang ke Eropa. Kali ini ke LFW SS 2024. Igun membawa brand busana muslim premiumnya, Ivan Gunawan Prive. Dengan dukungan Kementerian Perdagangan, Indonesia Now kembali terlibat dalam proses kurasi untuk pementasan di Lone Design Club, London, pada 18 September tersebut.

Igun menyatakan, busana modest punya prospek di London. ”Populasi dan komunitas muslim di sana cukup banyak. Kemarin yang datang ke sana banyak hijaber,” jelasnya.
Kerja keras Igun berbuah manis. Dari show-nya di Paris, dia lalu bertemu dengan kalangan public relation (PR) yang bisa memperluas jangkauan brand-nya. Rencananya, koleksi Igun terlibat di pergelaran Cannes Film Festival 2024. Printemps, sebuah department store di Paris, akan memberikan satu ruangan khusus untuk koleksi Igun. ”Jadi, buyer bisa ke sana untuk lihat koleksiku,” ujar Igun.

Respons yang hangat juga diberikan kepada Igun di New York dan London. Igun sudah bertemu dengan PR di New York yang bakal membantunya memperluas jangkauan brand untuk Hollywood. (Glandy Burnama/JawaPos)

Lainnya