Neutron Yogyakarta

Berhasil Teliti Pengendalian Jamur di Batuan Candi, Dua Siswi MAN 4 Sleman Raih Penghargaan di Ajang OPSI 2023

Berhasil Teliti Pengendalian Jamur di Batuan Candi, Dua Siswi MAN 4 Sleman Raih Penghargaan di Ajang OPSI 2023
TOREHKAN PRESTASI: Dua siswi MAN 4 Sleman berhasil mendapatkan penghargaan khusus kategori Kepedulian Terhadap Cagar Budaya.DOKUMENTASI MAN 4 SLEMAN 

RADAR MAGELANG – Dua siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 4 Sleman berhasil meraih penghargaan di ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2023. Dua siswi itu bernama Nanda Aulia Luthfia Sari dan Iftifadatul Muflihah yang mendapatkan penghargaan khusus kategori Kepedulian Terhadap Cagar Budaya.

Siswi kelas XI MIPA-2 itu berhasil melakukan riset inovatif berjudul Pengendalian Jamur Penyusun Linchen Batuan Candi Prambanan Menggunakan AgNPs Biosintesis Daun Pepaya (Carica Papaya L).  Riset berhasil memberikan wawasan baru bidang sains. Sekaligus menunjukkan kepedulian terhadap warisan dan cagar budaya Indonesia.

“Prestasi ini mencerminkan dedikasi dan kerja keras siswa dalam mengembangkan bakat dan keterampilan mereka,” beber Kepala Madrasah Ahmad Arif Makruf Selasa (14/11).

Baca Juga: Pengen Nge-Camp? Ini Beberapa Spot Camping Yang Bisa Jadi Opsi Kamu Bareng Teman

Ajang OPSI sendiri merupakan salah satu lomba bergengsi tingkat nasional. Ajang ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jendral Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Atas inovasi ini, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah IX DIJ-Jateng juga turut memberikan apresiasi atas prestasi atas capaian ini. Diharapkan riset dapat membantu upaya pelestarian budaya, khususnya di DIJ.

“Semoga ini menjadi awal dari MAN 4 Sleman menjadi madrasah riset yang teristimewa,” ujar guru pembimbing Astuti Navian Apriliani.

Baca Juga: Rute Selatan Jogja Opsi Liburan Kebanyak Objek Wisata Bantul hingga Gunungkidul

Dia juga berharap prestasi tidak hanya menjadi kebanggaan bagi MAN 4 Sleman. Namun juga bisa memberikan inspirasi bagi siswa-siswi Indonesia untuk terus menggali potensi khususnya bidang penelitian. (lan/eno)

Lainnya