Neutron Yogyakarta

Progres Pemulihan Cedera Berjalan Baik

Kim Jeffrey, Saddam Emiruddin, dan Derry Racahman Mulai Ikut Latihan
Progres Pemulihan Cedera Berjalan Baik
MEMBAIK: Kim Jeffrey Kurniawan dan Saddam Emiruddin Gaffar ikut berlatih bersama skuad PSS Sleman di Lapangan Independent School (YIS), Mlati Sleman pada Minggu sore (19/6).(DOKUMEN PSS SLEMAN)

JOGJA, Koran Magelang – Badai cedera yang menimpa PSS Sleman nampaknya mulai mereda. Sejumlah pemain yang dibekap cedera berangsur pulih kondiisnya. Bahkan tiga di antaranya sudah mengikuti sesi latihan di Lapangan Independent School (YIS), Mlati Sleman pada Minggu sore (19/6).

Ketiga pemain itu yakni Kim Jeffrey Kurniawan, Saddam Emiruddin Gaffar dan Derry Rachman Noor. Hanya, latihan yang dilakukan belum sepenuhnya normal. Para pemain ini sebelumnya mengalami cedera yang berbeda. Kim menderita cedera dislokasi bahu kiri dan menjalani operasi pada April lalu.

Sedangkan Saddam menepi cukup lama karena cedera anterior cruciate ligaments (ACL) lutut kiri. Cedera itu didapat penyerang asal Jepara itu sejak putaran pertama Liga 1 musim lalu. Sementara Derry bermasalah di bagian hamstring ketika menghadapi Persis Solo di laga pembuka Piala Presiden 2022 (11/6).

Fisioterapis PSS Alfian Pradana mengatakan, progres pemulihan cedera para pemain berjalan cukup baik. Kim Jeffrey, misalnya. Alfian menyebut proses penyembuhan pemain kelahiran Muhlacker, Jerman itu hampir 80 persen. “Kim sekarang proses pemulihan fungsi gerak sendi atau istilah dalam bahasa awam mengembalikan fungsi gerak bahunya karena dia baru selesai operasi,” ujarnya.

Sementara untuk Saddam, saat ini recovery pemain 20 tahun itu sudah masuk fase keempat. Seperti peningkatan fisik, endurance dan strength pada otot. “Semua gerakan fungsional sudah bisa semua, tinggal gimana ditingkatkan saja,” katanya. Alfian berujar, peningkatan fisik dan endurance menjadi hal penting bagi seorang atlet. “Nah, itu yang sedang kami kejar,” tambah Alfian.

Lantas, bagaimana dengan Derry? “Untuk Derry kami melakukan pemulihan secara optimal. Ngetes apakah dia sudah tidak mengalami istilahnya kendala dalam latihan reguler,” jelas Alfian. Bek asal Bontang, Kalimantan Timur itu diperkirakan bisa bergabung dan berlatih normal mulai pekan ini.

Kemudian, untuk Kim diperkirakan comeback sekitar 1-2 Minggu. Atau sampai sebulan ke depan sembari peningkatan fisik. “Kalau Saddam kami punya rentan waktu sebulan untuk peningkatan fisik,” terangnya. Lantas, setelah sebulan tim medis PSS akan melakukan evaluasi lagi. Apakah memungkinkan untuk Saddam kembali bergabung latihan reguler atau belum. “Tergantung dari kekuatan ototnya, endurance dan pemulihan fisik seperti apa,” pungkasnya.

Selain ketiga pemain itu, ada sejumlah pemain Super Elang Jawa -julukan PSS- lainnya yang masih berjuang sembuh dari cedera. Sebut saja Ibrahim Sanjaya, Ega Rizky Pramana dan Riza Fadillah. (ard/din/sat)

Lainnya

Exit mobile version