Neutron Yogyakarta

Eratkan Hubungan Bilateral Indonesia-India

Peringatan Yoga Internasional di Candi Prambanan
Eratkan Hubungan Bilateral Indonesia-India
KONSENTRASI: Ribuan peserta melakukan gerakan yoga di Pelataran Candi Prambanan, Sleman, Selasa (21/6). Kegiatan itu dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional.(ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA)

JOGJA, Koran Magelang – Ribuan peserta mengikuti yoga bersama dalam rangka menyemarakkan Hari Yoga Internasional di pelataran Candi Prambanan, kemarin (21/6). Acara ini juga disiarkan langsung di saluran berita nasional India, DD News. Hari Yoga Internasional dirayakan di seluruh dunia setiap 21 Juni sejak 2015 yang digagas Perdana Menteri India saat itu, Narendra Modi pada September 2014.

Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Sultan Hamengku Buwono X mengapresiasi kegiatan ini. Dalam sambutan yang dibacakan Wakil Kepala Disdikpora DIJ Suherman, gubernur berharap kegiatan dapat mempererat hubungan Indonesia dan India. India dan Indonesia adalah dua negara demokrasi yang memainkan peran penting di kancah internasional. Hubungan kedua negara diperkuat adanya kesamaan sejarah, budaya, adat istiadat, kepercayaan, dan ekonomi.”Banyaknya kesamaan ini menjadikan India sebagai mitra strategis bagi Indonesia dan khususnya bagi DIJ,” jelasnya.

Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti mengapresiasi mendalam kegiatan ini, karena dapat menggelar acara di Candi Prambanan. Menurutnya, yoga bermanfaat untuk keseimbangan jiwa dan raga.Badan sifatnya fisik, sementara pikiran nonfisik. Yoga berperan menyatukan dua entitas ini sehingga efeknya menyeluruh. Melalui yoga, kedua entitas disatukan melalui pernafasan yang benar dan secara sadar. “Yoga yang benar adalah kuncinya. Karena menjadi petunjuk pemakaian tubuh yang benar,” jelasnya. (cr4/din/sat)

Lainnya

Exit mobile version