Neutron Yogyakarta

PASI DIJ Siapkan 20 Atlet Hadapi Kejurnas Atletik

PASI DIJ Siapkan 20 Atlet Hadapi Kejurnas Atletik
OPTIMISTIS: Ketua Pengda PASI DIJ Bambang Dewanjaya ketika ditemui di Sekretariat PASI DIJ Jalan Menukan, kemarin (23/5).(AJI CAHYONO/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG – Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) menyiapkan atletnya guna menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik di Solo, Jawa Tengah yang direncanakan digelar 20 Juni mendatang.

Ketua Pengda PASI DIJ Bambang Dewanjaya optimistis para atlet DIJ bakal memberikan terbaik untuk mengharumkan nama DIJ di ajang tersebut. Sebagai persiapannya, PASI DIJ akan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik 27 – 28 Mei di Stadion Mandala Krida. Kejurda ini sekaligus penyusunan tim atlet yang akan dikirim untuk mengikuti kejurnas. “Target kami mengirimkan 20 atlet untuk semua nomor yang dipertandingkan,” ujar Bambang, kemarin (23/5).

Menurutnya, ada sejumlah atlet yang akan menjadi anadalan DIJ.Terdapat dua atlet yang sudah melampaui limit waktu untuk mengikuti PON XXI 2024 di Aceh-Sumut, sesuai dengan kualifikasi yang diatur oleh PB PASI. Mereka adalah Rahma Annisa untuk lari gawang 400 meter dari Kota Jogja. Kemudian Mutiara Oktariani (800 meter) dari Sleman. Mutiara bahkan berlaga di SEA GAMES Kamboja di nomor yang sama meskipun hanya menempati peringkat lima.

Menurutnya, ada empat atlet langsung dalam pembinaan KONI DIJ. Di antaranya Bayu Prasetya, peraih medali perak jalan cepat 20KM, Rahma Annisa, peraih Perak 400M gawang, Indah Lupita Sari, peraih medali emas jalan cepat 20KM pada PON XX 2020 di Papua. Sedangkan, Mutiara tidak bisa mengikuti PON XX Papua, karena batas umur belum memenuhi syarat. “Mutiara pada saat itu umurnya 16 tahun, sedangkan persyaratan atlet PON batas minimal 18 tahun” bebernya.(cr4/din/sat)

Lainnya