Neutron Yogyakarta

Thales Diharapkan Jadi Mentor Bek Muda, Pinthus Tak Sabar Menyambut Debut di Liga 1

Thales Diharapkan Jadi Mentor Bek Muda, Pinthus Tak Sabar Menyambut Debut di Liga 1

RADAR MAGELANAG – Bek anyar PSS Sleman Thales Lira dinilai memiliki kemampuan mumpuni untuk mengomandoi lini pertahanan Super Elang Jawa pada kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 yang akan mulai bergulir 1 Juli nanti.

Performanya di pertandingan uji coba terakhir kontra Barito Putera mendapat apresiasi positif dari pelatih kepala PSS Sleman, Marian Mihail. Bek kelahiran Porto Alegre, Brasil itu tampil disiplin sepanjang laga.

Beberapa kali dia sukses menggagalkan serangan dari barisan lini depan Laskar Antasari tersebut. Dia juga berani mengambil keputusan penting ketika terjadi kemelut di lini belakang.
Dari kacamata Mihail, Thales menjadi pemain terbaik bagi PSS di laga uji tanding terakhir melawan Barito Putera. Kebugaran fisiknya dinilai sangat bagus dan sangat aktif ketika bermain. “Adaptasinya bagus dengan sepak bola Indonesia,” kata Mihail.

Baca Juga: Sport Science untuk Pantau Pemain PSS

Pelatih asal Rumania ini menyampaikan apresiasi tersebut berdasarkan data yang didapatkan dari tim analis PSS Sleman sepanjang laga. Dari data yang didapatkan dari Catapult, Thales menunjukan grafik yang sangat baik dengan kondisi yang bagus. Menurut periode waktu, bek 30 tahun itu adalah pemain dengan daya jelajah paling jauh.

Hadirnya sosok Thales Lira di lini belakang Laskar Sembada tidak terpaku hanya sebagai tembok kuat. Kehadirannya diharapkan menjadi sosok senior yang bisa mentransfer ilmu serta pengalamannya kepada bek-bek muda PSS, seperti Ifan Nanda, Nurdiansyah, dan I Nyoman Ansanay.

Kemampuan Thales dalam mengomandoi lini pertahanan diharapkan dapat membantu tim kebangaan Bumi Sembada bersaing di papan atas Liga 1 musim 2023/2024. Tak hanya Thales, Mihail menyebut seluruh pemain saat ini dalam kondisi yang bagus. Tim pelatih juga tengah mengupayakan agar pemain dapat mencapai puncak performanya pada 1 Juli 2023 mendatang. “Kabar bagus lainnya, tidak hanya Thales, semua pemain dalam kondisi siap untuk bertarung di kompetisi,” jelas pelatih 65 tahun ini.

Baca Juga: Marian Siap Terima Konsekuensi, Jika Tidak Memberikan Dampak Positif bagi PSS Sleman di Musim Ini

Penjaga gawang anyar PSS Sleman, Anthony Pinthus mengaku sudah tidak sabar menghadapi kompetisi Liga 1. Pinthus mengaku sudah siap bermain di Liga 1 yang segera bergulir. Dia mengaku secara pribadi kondisi dan persiapannya menghadapi bergulirnya Liga 1 sangat baik. Dia menyebut, tim pelatih kiper terutama Dragos Plopeanu bekerja sangat baik dengan memberikan materi-materi latihan yang membuat para penjaga gawang PSS berkembang. “Hal tersebut membuat saya merasa kuat, cepat dan kondisi kebugaran yang bagus,” kata Pinthus.
Penjaga gawang asal Filipina ini mengaku tidak sabar menunggu menjalani laga perdana kontra Bali United pada 1 Juli 2023 mendatang. Laga tersebut menjadi awal bagi PSS Sleman menjalani musim kompetisi.

Pinthus sendiri telah melalui dua laga pramusim dengan performa yang cukup baik. Dia mengakui, hal tersebut menjadi salah satu faktor penting yang membuat kepercayaan dirinya meningkat sebagai seorang penjaga gawang. Baginya, momen tersebut luar biasa setelah sebelumnya menjalani musim lalu dengan kurang baik. “Kondisi sekarang ini sangat baik untuk mendapatkan porsi bermain yang lebih. Puji syukur, saat ini saya merasa dalam kondisi prima dan bermain dengan bagus,” ungkap mantan pemain United City FC ini.(tyo/din)

Lainnya

Exit mobile version