Neutron Yogyakarta

Tim Drum Band DIJ Lakukan Test Event di Tiga Nomor Andalan

Tim Drum Band DIJ Lakukan Test Event di Tiga Nomor Andalan

RADAR MAGELANG – Tim Drum Corps (DC) Ayodhya Karta Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) menjalani sesi ‘test event’ di Lintasan Atletik Stadion Mandala Krida, Kota Jogja, Senin (26/6). Kegiatan itu digelar dalam rangka menghadapi Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023,

Pada kesempatan tersebut, para atlet menjajal kemampuan individu dan kekompakan tim di tiga nomor andalan. Yakni Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) 600 meter (m) putri, LBJP 800 m putra, dan LBJP 800 m mix.

Pelatih kepala Sidiq Jefry Hendrico mengatakan, tiga nomor tersebut dipertandingkan di BK PON 2023 dan PON XXI Aceh-Sumut 2024 dengan perebutkan enam medali emas. Yaitu 800 m dan 400 m putra, 600 m dan 400 m putri, serta campuran 800 m dan 600 m. “LBJP ini menjadi nomor andalan kami,” ujarnya.

Baca Juga: Drum Band Terkendala Tempat Latihan

Berdasarkan hasil tes, terdapat kemajuan performa maupun peningkatan durasi waktu yang dicatatkan oleh tim DIJ. Meskipun juga ada sejumlah hal yang perlu dievaluasi. Seperti dalam hal penyajian musik misalnya. Namun demikian, Sidiq yakin dapat memperbaiki hal tersebut. Mengingat masih ada waktu hingga pelaksanaan BK PON pada September 2023 mendatang. “Kami optimis tim DIJ dapat meraih prestasi terbaik seperti capaian empat medali emas di Kejurnas sebelumnya,” imbuhnya.

Di sisi lain, hasil tes tersebut nantinya juga akan menjadi acuan bagi tim pelatih untuk menyusun program pelatihan dua bulan selanjutnya. Termasuk di dalamnya meningkatkan ketahanan fisik dan kekuatan otot.

Tim DC Ayodhya Karta PDBI DIJ sendiri diperkuat oleh 22 atlet. Terdiri dari 11 atlet putra dan 11 atlet putri. Mereka yang berasal dari Kabupaten Gunungkidul ini merupakan jebolan Juara Pekan Olahraga Daerah (PORDA) XVI DIJ 2022. Dibentuk sejak November 2022 untuk persiapan Kejurnas. Kemudian kini disiapkan untuk level selanjutnya, yakni BK PON 2023.

Baca Juga: Junior Drum Band Yogyakarta Championship Tumbuhkan Rasa Nyaman, Skill Nomor Dua

Perihal peralatan yang menjadi kendala teknis, pelatih berharap KONI DIJ dapat memberikan fasilitas. Mengingat alat menjadi salah satu hal utama dalam menunjang performa atlet dan tim saat bertanding.

Ada empat nomor yang akan dipertandingkan dalam PON 2024. Yakni Lomba Baris Berbaris (LBB), Lomba Uji Gelar (LUG), Lomba Ketahanan dan Ketepatan Berbaris (LKKB), dan Lomba Berbaris Jarak Pendek (LBJP) dengan total kategori 17 mata lomba dan 17 medali yang diperebutkan. “Target pertama LBJP, kedua LBB, ketiga LKKB, lalu LUG. Lawan berat dari Kalteng dan Jawa Barat tetap diwaspadai. Tuan Rumah (Aceh dan Sumut) dan Jatim juga,” jelas manajer tim Diena Rahmawati.

Ketua Umum KONI DIJ Djoko Pekik Irianto mengatakan, pihaknya akan mengupayakan pemenuhan fasilitas peralatan. Terutama saat tim DIJ dinyatakan lolos PON XXI Aceh-Sumut 2024. Guru Besar Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) UNY ini juga memberikan suntikan semangat dan motivasi kepada para atlet.

DIJ sakan menjadi tuan rumah BK PON cabor drum band pada 1-15 September 2023. Tiga lokasi yakni Lintasan Atletik Stadion Mandala Krida, GOR Amongraga, dan Kabupaten Gunungkidul direncanakan akan menjadi tempat pertandingan ajang olahraga multievent tersebut. (tyo/din)

Lainnya

Exit mobile version