Neutron Yogyakarta

BPJ Tersingkir di Babak Pertama Playoff

BPJ Tersingkir di Babak Pertama Playoff
SERU: Pemain Bima Perkasa Argus Sanyudy (kanan) berusaha menghalau bola dari pemain Pelita Jaya Muhammad Arighi dalam laga playoff IBL 2023 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (2/7). Dok. IBL

RADAR MAGELANG – Langkah Bima Perkasa Jogja (BPJ) harus terhenti di babak pertama playoff Indonesian Basketball League (IBL) 2023. Mereka harus mengakui keunggulan Pelita Jaya dalam dua game. Pelita Jaya unggul 81-73 di game kedua di Britama Arena, Jakarta, Minggu (2/7). Pelita Jaya pun lolos ke semifinal.

Dalam empat pertemuan di musim ini, Bima Perkasa selalu kalah dari Pelita Jaya. Permainan cepat Pelita Jaya sangat menyulitkan Bima Perkasa Jogja. Bima Perkasa tetap tak bisa menemukan celah pada game kedua. Pada tiga menit pertama, Pelita Jaya langsung agresif dengan melaju 9-0. Tim asuhan Djordje Jovicic itu melenggang dengan mulus sepanjang game.

Akurasi tembakan Pelita Jaya yang tajam membuat mereka tak bisa dikejar oleh Bima Perkasa. Pelita Jaya mencetak 12 tripoin dengan akurasi 38 persen. Secara keseluruhan, Pelita Jaya menorehkan 29/66 tembakan. Pelita Jaya juga bermain cepat dengan membuat 26 poin dari fast break.

Bima Perkasa sempat mengejutkan Pelita Jaya di awal kuarter ketiga. Mereka sempat running 7-4 untuk memangkas jarak jadi delapan poin (42-50). Tetapi Bima Perkasa tidak bisa menghentikan laju Pelita Jaya di lima menit terakhir kuarter ketiga. Pelita Jaya terus mengumpulkan pundi-pundi poin melalui Yesaya Saudale dan Prastawa. Pelita Jaya menjauh 18 angka (67-49) saat kuarter ketiga usai.

Bima Perkasa harus memangkas jarak 18 poin di kuarter keempat. Situasi ini sangat berat bagi mereka. Namun Bima Perkasa mampu membuat kejutan lagi. Masuknya Cameron Coleman di tujuh menit terakhir membuat Bima Perkasa bangkit. Puncaknya lay-up dari Nuke membawa Bima Perkasa mendekat 73-79. Tekanan kini berubah ke Pelita Jaya. Kegagalan Sutton mengeksekusi dua free throw membuat pertandingan semakin menegangkan.

Tetapi pendukung Pelita Jaya bersorak setelah Prastawa memasukkan poin ke-26 melalui lay-up. Poin Prastawa inilah yang menjadi penentu kemenangan Pelita Jaya dari Bima Perkasa dengan skor 81-73. Ini sekaligus membuat Bima Perkasa menjadi tim pertama yang tersingkir dari babak playoff 2023.

Andakara Prastawa menjadi peraih skor tertinggi dalam game ini. Dari 12 tri poin Pelita Jaya itu, Prastawa menyumbang tujuh tripoin. Prastawa total mencetak double-double dengan 26 poin dan 10 rebound. “Kami bermain dengan ciri khas kami. Kami harus pertahankan ini di semifinal dan final,” kata Prastawa.

Selain Prastawa, Dominique Sutton juga menyelesaikan laga dengan double-double (14 poin dan 12 rebound). Sedangkan Muhammad Arighi menyumbang 10 poin. Sebaliknya dari kubu Bima Perkasa, Cameron Coleman mencetak 21 poin dan 12 rebound. Disusul Ikram Fadhil (14 poin) dan Nuke Tri Saputra (12 poin). (tyo)

Lainnya