Neutron Yogyakarta

PSIM Pantau Pemain Muda Lokal

PSIM Pantau Pemain Muda Lokal
POTENSI LOKAL: Latihan PSIM Jogja di Stadion Mandala Krida, Senin (10/7/23). Latihan ini juga diikuti sejumlah pemain muda local Jogja.(ELANG KHARISMA DEWANGGA/RADAR JOGJA)

RADAR MAGELANG– PSIM Jogja masih berupaya menambah jumlah pasukan untuk mengarungi Liga 2 2023-2024. Baik pemain lokal maupun dari luar daerah. Beberapa wajah baru terlihat mengikuti latihan di Stadion Mandala Krida Senin (10/7/23) lalu.

Sejumlah pemain itu pernah memperkuat tim Liga 3 seperti Aruna Bramasiwi dan Widi Aryanto dari Mataram Utama FC. Juga lima nama lain dari tim Porda Kota Jogja.

Pelatih PSIM Jogja Kas Hartadi menjelaskan,dia memang sedang menyiapkan beberapa pemain tambahan. Pemain tersebut juga tidak terbatas untuk pemain-pemain yang berpengalaman saja. “Ada beberapa yang trial. Kami memberi kesempatan. Kami kan kekurangan juga pemainnya. Siapa tahu ada yang usia 21 dan bagus,” ungkapnya.

Baca Juga: PSIM Jogja Fokus Genjot Fisik Pemain

Pelatih kelahiran Solo tersebut memang sedang banyak memberikan kesempatan untuk pemain muda. Sejak dua pekan latihan, Kas Hartadi banyak memberikan kesempatan untuk pemain muda. Beberapa kali dia mengikutsertakan mereka dalam latihan. Pemain muda lokal yang tampil apik, menurutnya, bukan tidak mungkin akan direkrut menjadi bagian dari tim. “Siapa tahu muncul yang bagus, kan ya buat Jogja juga,” ujarnya.

Kebutuhan pemain muda tersebut akan menitik beratkan pada pemain U21. Salah satu alasannya tentu saja karena regulasi Liga 2 2023/2024, di mana setiap tim wajib memainkan satu pemain U21 minimal 45 menit. PSIM saat ini baru memiliki Sugiyanto Baitul Rohman yang masih berusia 21 tahun.

Target Laskar Mataram musim ini adalah promosi ke Liga 1. Sehingga Kas Hartadi menegaskan tak mau asal merekrut pemain muda. Mantan pelatih Dewa United itu punya kriteria tersendiri untuk memastikan siapa pemain yang layak untuk promosi ke tim utama. “Memang harus teliti carinya,” katanya.

Baca Juga: PSIM Jogja Perkokoh Lini Pertahanan, Datangkan Achmad Faris

Manajemen PSIM Jogja sendiri mengonfirmasi bahwa tidak menutup kemungkinan akan merekrut pemain muda lokal. Mereka memang sedang berupaya memperbanyak pemain lokal. Manajemen PSIM ingin ada penerus dari Andriansyah, Savio Sheva, dan Yudha Alkanzha yang merupakan talenta lokal DIJ. Tidak menutup kemungkinan pula jika talenta yang dicari dimiliki oleh pemain seusia Andriansyah, Sheva, dan Yudha. “Saat ini manajemen dan pelatih juga sedang menggali talenta-talenta lokal terutama untuk pemain-pemain muda,” jelas Sekretaris PSIM Jogja Aprilia Sulistyowati. (tyo/din)

Lainnya