Neutron Yogyakarta

DIJ Rebut Juara Umum, Koleksi Sembilan Medali Emas

DIJ Rebut Juara Umum, Koleksi Sembilan Medali Emas
PRESTASI: Kontingen hapkido DIJ yang berlaga pada Kejurnas Senior sekaligus BK PON 2023 di GOR Amongraga, yang berakhir Minggu (23/7/23). DIJ sukses merebut juara umum pada kejuaraan ini.(Dok. KONI DIJ)

RADAR MAGELANG – Kontingen hapkido Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) berhasil menjadi juara umum pada Kejurnas Senior sekaligus Babak Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) 2023. DIJ total mendulang sembilan medali dalam ajang yang digelar pada Sabtu (22/7/23) dan Minggu (23/7/23) Selasa di GOR Amograga itu. Rinciannya empat emas, tiga perak, dan dua perunggu.

Selain meraih gelar juara umum, dua atlet DIJ juga meraih penghargaan individual. Keduanya adalah Awwabin Raihan dan Ihtiafazuddin Alhafizh yang meraih predikat Good Performance Spirit Prize Male.

Direktur Teknik Pengurus Pusat (PP) Hapkido Indonesia (HI) Yoyok Suryadi mengaku bangga karena ajang ini bisa berjalan dengan lancar. Ia menyebut para atlet yang berhasil lolos ke ajang PON merupakan yang terbaik dari daerahnya. Dalam ajang ini, ada 16 nomor yang dipertandingkan sesuai dengan ketentuan PON 2024. Dari total nomor itu, setiap nomornya diberi kuota enam tiket untuk lolos ke PON 2024.

Baca Juga: DIJ Tuan Rumah BK PON Cabor Hapkido

“Untuk kuota tiket PON yang dari ajang BK PON kali ini total ada enam tiket dikalikan 16 nomor. Total kuota tiket PON yang sudah selesai diperebutkan ada 96 tiket. Kalau atletnya jelas lebih dari 96 orang karena ada nomor yang berpasangan,” kata Yoyok.

Selain itu, kontingen hapkido DIJ meloloskan 16 atletnya ke ajang PON 2024. Enam belas atlet tersebut berasal dari 13 nomor dari total 16 nomor yang dipertandingkan di BK PON. Sekretaris Umum Pengurus Daerah (Pengda) HI DIJ Luqman Ar Rosyid menjelaskan, pihaknya akan mengoptimalkan nomor-nomor seni dalam PON 2024 mendatang. Sebab cabor hapkido dibebani target dua emas oleh KONI DIJ. “Akan kami upayakan lebih dari itu. Kami juga sudah siapkan beberapa nomor cadangan, jadi antisipasi akan kami siapkan,” jelasnya.

Luqman mengungkapkan, dalam ajang BK PON kemarin, pihaknya juga sudah mendokumentasikan performa atlet. Tujuannya agar bisa mengevaluasi kekurangan atlet yang harus dibenahi. Selain itu, Pengda HI DIJ juga mencoba untuk memaksimalkan nomor-nomor tarung. Mengingat DIJ memiliki beberapa atlet potensial di nomor tarung.

Baca Juga: Jogja Targetkan Loloskan Atlet ke PON 2024

Selama dua minggu ke depan, pelatih hapkido DIJ memprogamkan masa transisi kepada para atlet. Mereka akan diberi program secara mandiri. Termasuk untuk penyesuaian pasca pertandingan. “Setelah itu tim pelatih akan berkumpul dan menyusun ulang program-program supaya bisa mencapai target di PON 2024,” terangnya. (tyo/din)

Lainnya