Neutron Yogyakarta

Kebugaran Pemain Terjaga jelang Hadapi RANS Nusantara FC

Kebugaran Pemain Terjaga jelang Hadapi RANS Nusantara FC
JAGA STAMINA: Latihan PSS Sleman difokuskan untuk mematangkan strategi dan menjaga stamina supaya tetap bugar. DOKUMENTASI PSS SLEMAN

RADAR MAGELANG – PSS Sleman sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi RANS Nusantara FC di laga pekan kelima Liga 1 2023/2024, Minggu (30/7/23) mendatang. Selain mematangkan strategi, para pemain Laskar Sembada juga menjaga stamina supaya tetap bugar.

Pelatih fisik PSS Sleman Kartono Pramdhan menjelaskan, secara umum yang dapat dilakukan tim pelatih hanya menjaga dan memantau kondisi fisik para pemain agar selalu stabil dalam setiap pertandingan. Melalui tinjauan dari komponen fisik, Baik itu secara kemampuan otot dan juga cardio.

Tim pelatih menaruh perhatian terhadap kondisi fisik pemain dalam setiap pertandingan. Ia mengatakan tidak ada masalah serius pada fisik pemain usai menjalani laga berat melawan PSIS Semarang pekan lalu. Salah satu hal untuk menjaga kondisi fisik adalah dengan latihan di pusat kebugaran. “Selain itu, aktivitas aerobik dengan bola yang didesain oleh pelatih kepala PSS untuk menjaga kondisi para pemain,” ujar Kartono.

Baca Juga: Taktik PSS Banyak Berubah, Masih Sering Hilang Bola di Tengah

Ia mengatakan, penggawa PSS Sleman menjalani latihan menggunakan rompi Catapult. Sehingga data tentang kondisi fisik bisa terus dipantau. Dari data terakhir menunjukan data yang stabil. Di mana itu berarti kondisi para pemain normal. “Hasil dari Catapult ini juga selalu dikoordinasikan dengan tim pelatih dan analisis untuk memantau kondisi terakhir pemain,” katanya.

Pada saat kompetisi bergulir, Kartono mengungkapkan cara menjaga kondisi fisik secara spesifik adalah bermain tiap pertandingan. Berkaitan dengan pemain yang belum mendapatkan menit bermain, tim pelatih PSS melakukan pertandingan persahabatan setelah pertandingan.

Para pemain yang menit bermainnya kurang dan tidak masuk line up bisa melakukan pertandingan persahabatan agar sentuhan pemain untuk bermain tidak hilang. “Selain itu, di antara pertandingan ada latihan tambahan untuk para pemain tersebut agar kondisinya tetap terjaga dan selalu siap jika dibutuhkan untuk bermain,” tandasnya. (tyo)

Lainnya