Neutron Yogyakarta

Tingkatkan Fisik, PSIM Latihan di Pantai Depok

Tingkatkan Fisik, PSIM Latihan di Pantai Depok

RADAR MAGELANG – PSIM Jogja terus mematangkan persiapan tim menjelang bergulirnya Liga 2 2023/2024. Terbaru, tim berjuluk Laskar Mataram itu menggenjot fisik pemain dengan melakukan latihan khusus di Pantai Depok, Bantul, Rabu (26/7/23).Latihan ini guna melengkapi di lapangan bola, futsal, maupun pusat kebugaran.

Pelatih PSIM Jogja Kas Hartadi menyebutkan, variasi latihan ini dilakukan untuk mengatasi kejenuhan pemain. Sebab, berlatih di pantai juga bisa menjadi ajang rekreasi bagi para pemain. Dia menyebut, berlatih di pantai dipercaya memberikan dampak positif pada perkembangan fisik. “Salah satunya untuk meningkatkan kekuatan fisik,”ujar Kas Hartadi.

Sementara itu, kondisi cedera yang dialami pemain muda PSIM Jogja, Andriansyah, sudah berangsur membaik. Pemain berposisi gelandang itu mengalami cedera ketika menjalani latihan perdana tim pada 1 Juli lalu. Andriansyah menderita cedera saat tim menggelar internal game di sesi latihan.

Baca Juga: Gelandang PSIM Andriansyah Sudah Masuki Fase Return to Sport

Cedera yang dialaminya disebabkan karena tidak maksimal saat menghalau bola udara. Sehingga membuat kakinya salah melakukan tumpuan. Ia pun harus naik ke meja perawatan. Saat ini sudah memasuki pekan ketiga bagi Andri, sapaannya, untuk menjalani perawatan pasca cederanya.

Dokter tim PSIM Jogja Rudolf Noer mengatakan, usia Andri yang masih muda memungkinkan sang pemain untuk pulih lebih cepat. Meskipun sudah beberapa kali berlatih bersama dengan pemain lain, pemain kelahiran 2001 itu masih memiliki program khusus untuknya.

Andri belum bisa sepenuhnya mengikuti porsi latihan yang sama dengan pemain lainnya. Rudolf ingin mengantisipasi seandainya cedera yang menerpa Andri belum pulih 100 persen. Upaya ini dilakukan agar tidak menambah kerusakan yang sudah terjadi.

Baca Juga:  PSIM Ingin Isyaratkan Tambah Kiper Lokal

“Andri perkembangannya bagus dari hari ke hari dan ini cukup cepat proses penyembuhannya. Perbaikannya cukup cepat. Masih ada yang harus kami evaluasi lagi lebih lanjut sebelum nanti Andri bisa main full lagi bersama tim,” ungkapnya.

Rudolf menjelaskan mengenai pemulihan pemain sepak bola yang mengalami cedera. Dalam proses pemulihan pasca cedera dalam olahraga, dikenal istilah “return to sport” dan “return to game“.

Menurut Rudolf, saat ini Andri sudah masuk dalam kategori “return to sport”. Andri sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan dasar olahraga sepak bola. Meskipun masih ada sedikit evaluasi yang perlu dilakukan. Selain itu, saat ini Andri juga sedang masih dalam tahap pengembalian mental bermainnya. “Return to game Insya Allah kalau misalnya lancar minggu depan,” kata Rudolf yang juga menjadi Koordinator Medis Tim PSIM Jogja. (tyo/din)

Lainnya