Neutron Yogyakarta

Preview Semen Padang v PSIM Jogja: Ingin Jebol Pertahanan Kokoh Kabau Sirah

Preview Semen Padang v PSIM Jogja: Ingin Jebol Pertahanan Kokoh Kabau Sirah
SIAP: Pemain PSIM melakukan latihan di Stadion H. Agus Salim Padang, Sumbar. (X PSIM)

RADAR MAGELANG – PSIM Jogja akan melakoni laga perdana dalam babak 12 besar kompetisi Pegadaian Liga 2 2023/2024 dengan melawat tuan rumah Semen Padang FC di Stadion H. Agus Salim Padang, Sumatra Barat, pada Sabtu (6/1) malam.

Tercatat, kedua klub ini sudah lama tidak saling bertemu. Terakhir, PSIM Jogja bertemu dengan tim yang berjuluk Kabau Sirah ini dalam uji tanding pramusim pada 7 Juli 2022 lalu.

Kala itu kedua tim bermain di lapangan kompleks Jakarta International Stadium (JIS). Pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Baca Juga: Menilik Peluang PSIM Jogja di Babak 12 Besar Semua Lawan Kami Anggap Berat

Sebelmnya, kedua tim ini pernah pertemu dalam Divisi Utama 2006. Laskar Mataram berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-0 di Stadion Mandala Krida Jogjakarta.

Jika dilihat dari performa musim ini, PSIM Jogja terbilang cukup baik saat melakoni laga tandang. Saat babak penyisihan grup tercatat hanya kalah sekali saja dari Bekasi City FC. Sisanya PSIM Jogja berhasil membawa poin penuh dari empat pertandingan dan berbagi poin dalam satu laga.

Akan tetapi, PSIM Jogja tidak boleh meremehkan tim tuan rumah. Sebab, Semen Padang FC bisa dibilang cukup perkasa saat bermain di kandangnya.

Selain menjadi juara grup A saat fase penyisihan grup, torehan kemenangan di kandang juga bisa dibilang positif.

Laskar Mataram punya  sedikit celah untuk memenangkan laga kali ini. Pasalnya, tim tuan rumah juga pernah mendapatkan hasil minor saat melakoni laga di kandangmusim ini. Total ada dua pertandingan seri didapatkan Semen Padang FC.

Baca Juga: Paling Banyak Pohon Tumbang, Dampak Kerusakan Imbas Hujan Angin Kamis Siang di DIY

Para penggawa PSIM Jogja sudah sangat siap untuk melakoni laga ini. Hariono dkk sudah ditempa latihan yang sangat keras. Termasuk dengan adaptasi permainan malam.

Pelatih kepala PSIM Jogja Kas Hartadi mengatakan, semua pemain yang dibawa ini sudah sangat siap untuk merebut poin dari tim tuan rumah.

“Jadi, pertandingan lawan Semen Padang di babak 12 besar sangat penting bagi kami. Ke sini kami bawa 26 pemain dan siap untuk pertandingan besok. Semoga PSIM mampu memberikan yang terbaik,” ujarnya saat konferensi pers (5/1).

Kas Hartadi menilai Semen Padang merupakan tim yang bagus dan kuat.

Baca Juga: Hunian di Tanah Kas Desa Gabusan Bantul Mulai Didata

Akan tetapi, pelatih asal Solo ini sudah mempersiapkan strategi dengan matang. Persiapan baik segi teknik, taktik, maupun mental.

“Karena saya juga sering pegang tim Sumatra, termasuk Sriwijaya. Saya sudah tahu betul karakter permainan Semen Padang, PSMS Medan, dan Persiraja. Ya, saya sudah terbiasa menghadapi tim-tim Sumatra,” jelasnya.

Semen Padang FC menjadi tim yang cukup produktif di 15 menit babak kedua pada musim ini. Hal itu bukan suatu masalah bagi Kas Hartadi. Dia sudah mempelajari bagaiman permainan Kabau Sirah.

“Semoga saya besok bisa mengantisipasi soal Semen Padang yang nggak pernah kalah ya di kandang,” harapnya.

Kas Hartadi berjanji akan memperlihatkan permainan yang berbeda dengan laga-laga sebelumnya.

Baca Juga: Status Darurat Kekeringan di Bantul Kembali Diperpanjang

“Lalu soal kebobolan Semen Padang yang sedikit, kami cuma berharap semoga besok PSIM bisa menjebol gawang Semen Padang. Meski saya tahu mereka punya pertahanan yang kokoh,” tegasnya.

Bek PSIM Jogja Dias Angga juga menyatakan seluruh pemain Laskar Mataram sudah sangat siap untuk menghadapi Semen Padang. Menururnya, para pemain datang ke Padang kali ini untuk mencuri poin dari tim tuan rumah.

“Kami harus fokus dan ambil poin di sini. Secara fisik, taktik, teknik, dan mental kami juga sudah siap. Mudah-mudahan di pertandingan perdana ini kami bisa curi poin,” cetusnya.

Sementara dari pihak tim tuan rumah, pelatih kepala Semen Padang Delfiadri menegaskan timnya bertekad untuk bisa memperoleh hasil yang terbaik.

Baca Juga: Pemda Diminta Awasi Kos-kosan yang Sewakan Kamar Harian

“Kami mohon doa restu dari seluruh fans Semen Padang. Semoga besok malam kami bisa menjadi yang terbaik,” tuturnya.

Walaupun belum pernah ketemu dengan PSIM Jogja, Delfriadri mengaku sudah menganalisis strategi Laskar Mataram dari video-video. Kabau Sirah bisa mengetahui titik kelemahan dan kekuatan lawan.

“Kami tentu akan mewaspadai kekuatan dari PSIM. PSIM kan belum pernah ketemu kami juga jadi sama-sama. Kami main di home, jadi kami manfaatkan pertandingan kali ini. Sehingga kami bisa menjadi yang terbaik di hadapan publik sendiri. Saya sudah mempelajari tipe permainan,” bebernya.

Baca Juga: Longsor Samigaluh Kerahkan Alat Berat, Targetkan Bisa Buka Akses Jalan

Kapten tim Semen Padang Rosad Setiawan mengaku tim Kabau Sirah sudah siap untuk malakoni pertandingan dengan PSIM Jogja. Mereka tidak ingin mendapat hasil yang memalukan.

“Kami tahu ini laga pertama di 12 besar. Dan 12 besar semua pertandingan akan jauh lebih berat dengan sebelumnya. Tapi, kali ini kami bermain di kandang kami sendiri. Kami ingin memaksimalkan semua yang ada dan kami akan bekerja lebih keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik,” tandasnya. (ayu)

Lainnya