Neutron Yogyakarta

Musim Libur Nataru, TWC Target Kunjungan Candi Prambanan Capai 124 Ribu Wisatawan

Musim Libur Nataru, TWC Target Kunjungan Candi Prambanan Capai 124 Ribu Wisatawan
OPTIMISTIS: Direktur Utama PT TWC Febrina Intan saat jumpa pers di salah satu hotel di Kabupaten Sleman Rabu (20/12). (Iwan Nurwanto/Radar Jogja)

RADAR MAGELANG – Taman Wisata Candi (TWC) menarget kunjungan di destinasi wisata Candi Prambanan bisa mencapai 124.100 wisatawan selama libur Natal dan tahun baru (nataru) mendatang.

Berbagai persiapan dan upaya untuk menarik minat wisatawan pun dilakukan oleh salah satu badan usaha milik negara (BUMN) tersebut.

Direktur Utama PT TWC Febrina Intan mengatakan, target sebanyak 124 ribu wisatawan naik lima persen dibandingkan tahun 2022. Target itu optimistis bisa tercapai selama kurun tanggal 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 mendatang.

Baca Juga: Asprov PSSI DIY Imbau Suporter Tidak Menghadiri Pertandingan Semi Final dan Final Liga 3 DIY

Menurut dia, kecilnya penambahan target kunjungan dibandingkan tahun lalu lantaran kunjungan ke Candi Prambanan sudah cukup tinggi. Terlebih dengan sudah mulai masuknya musim libur sekolah seperti sekarang.

“Bahkan untuk Prambanan pada tanggal 31 Desember 2023 nanti kami prediksi kunjungannya bisa mencapai 35 ribu sampai 40 ribu wisatawan,” ujar Intan saat ditemui, Rabu (20/12).

Dia memastikan, pihaknya sudah mulai melakukan persiapan dari aspek keamanan dan kenyamanan bagi pengunjung.

Baca Juga: Awalnya Iseng… Jari Mahasiswi Berjilbab Terjepit di Lubang Kursi, Petugas Damkarmat Perlu Sepuluh Menit Untuk Melepaskan

Sementara menyikapi kasus Covid-19 yang mulai naik kembali. Ia mengimbau agar pengunjung menggunakan masker apabila kondisi tubuhnya sedang tidak fit.

Disamping itu, sambung Intan, PT TWC juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak. Di antaranya dengan kepolisian untuk pengamanan lalu lintas, menyediakan lokasi parkir, hingga berkoordinasi dengan penyedia transportasi umum.

Kemudian untuk target secara keseluruhan destinasi wisata yang dikelola TWC. Intan membeberkan, jumlahnya mencapai lebih dari 500 ribu wisatawan.

Baca Juga: Perempuan Buruh Gendong Beringharjo Jogja Diajak Perempuan Berkebaya Gelar Fashion Show

Meliputi target kunjungan ke wisata Candi Borobudur sebanyak 105.969 wisatawan, Candi Prambanan 124.100 wisatawan, Ratu Boko 1.004 wisatawan, Teater Pentas 2.335 wisatawan, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebanyak 315.000 wisatawan.

“Untuk persiapan menghadapi libur nataru kami seratus persen siap,” tegasnya.

Sementara itu, General Manager Prambanan dan Ratu Boko I Gusti Putu Ngurah Sedana menyampaikan, bahwa hingga Selasa (19/12) kunjungan ke Candi Prambanan sudah mencapai 2,2 juta wisatawan dan Ratu Boko sebanyak 9.000 wisatawan.

Baca Juga: Mati Mengering, Tanaman Pangan di Girisubo Gunungkidul Gagal Tumbuh

Khusus di Candi Prambanan, pihaknya juga mencatat peningkatan kunjungan harian sebesar 18.800 wisatawan. Jumlah itu disebut pmelampaui kunjungan pada momen libur Idulfitri.

Menurutnya, pada akhir tahun nanti wisatawan yang berkunjung ke Candi Prambanan diprediksi lebih tinggi lagi karena telah disiapkan pentas musik Swara Prambanan.

Baca Juga: Berikut Daftar Pemain Yang Mendapatkan Kartu Terbanyak Hingga Pekan ke-23, Ada Dua Pemain PSS Sleman

Kegiatan tersebut akan menggandeng musisi nasional dan lokal untuk menghibur pengunjung.

“Kami koordinasi dengan kepolisian dan TNI untuk pengamanan pergantian tahun di Prambanan,” beber Putu. (inu/amd)

Lainnya